Jumat, 29 Maret 2024

Remaja Lingga Gemari Panahan

Berita Terkait

Dua remaja latihan memanah di lapangan merdeka Dabo Singkep, Lingga, beberapa waktu lalu. F. Wijaya Satria/batampos.co.id

batampos.co.id – Perkembangan olahraga di Kabupaten Lingga semakin maju. Terbukti, saat ini salah satu cabang olahraga panahan yang sebelumnya tidak pernah ada, kini semakin digandrungi pemuda di Kabupaten Bunda Tanah Melayu. Ini dilihat dari munculnya tiga club panahan tersebut.

“Saat ini telah ada tiga club dengan cabang olah raga panahan yang berdiri di daerah ini, LAC, KKM dan KMAD. Karena di sini telah berdiri tiga club, kami juga telah menerima kabar dari Persatuan Panahan Indonesia Provinsi Kepri untuk membentuk Pengkab Perpani Lingga,” kata salah seorang penggagas olahraga panahan di Kabupaten Lingga Bayu, Kamis (8/3) pagi.

Bayu menceritakan, awalnya mereka hanya menyalurkan hobi untuk menggeluti olahraga panahan. Namun karena antusias masyarakat terutama dari kalangan Mahasiswa dan siswa, maka mereka mendirikan klub panahan sebagai wadah pencinta panahan di Kabupaten Lingga.

Bayu juga mengatakan kalau mereka tetap akan menyambut masyarakat yang mau bergabung atau latihan bersama, walau saat ini jumlah anggota klub mereka sudah mencapai 38 orang.

Salah seorang anggota klub panahan Lingga Arcieri Cummuniti (LAC), Septiadinata saat ditemui di lapangan Merdeka Dabo Singkep mengungkapkan, mereka memiliki dua lokasi latihan memanah. Lokasi dalam ruangan berada di bekas Gedung Implasement PT Timah dan untuk di luar ruangan di lapangan merdeka Dabo Singkep.

Bermodalkan panah dan busur sejumlah pemanah mengambil ancang-ancang dari jarak yang sudah ditentukan untuk mencapai target yang sudah ditentukan pula. Ada yang tepat ada juga yang masih melenceng jauh. Namun mereka tetap berlatih memanah tepat pada sasaran.

Olahraga ini juga banyak digandrungi oleh wanita. “Pertama sekali saya mengikuti olahraga panahan ini karena olahraga ini juga Sunnah Rasul. Kemudian olahraga ini yang paling baru berada di Kabupaten Lingga,” kata Septiadinata. (wsa)

Update