Jumat, 29 Maret 2024

Kesehatan Pak Habibie Terus Membaik

Berita Terkait

batampos.co.id – The Habibie Center merilis foto Habibie bersama menantu Widya Thareq dan cucu Felicia Thareq sambil memegang surat kabar lokal Starnberger Merkur. Wajah Habibie tampak lebih segar dan ceria.

Kondisi Presiden RI ke-3 BJ Habibie terus membaik. Untuk kali pertama sejak diopname pada 27 Februari lalu, Habibie diperkenankan makan siang di luar rumah sakit Sabtu (10/3) lalu.

“Alhamdulillah. Berkat doa dari Presiden dan seluruh rakyat Indonesia, Bapak BJ diizinkan tim dokter Jerman untuk makan siang di luar RS didampingi anak, menantu, dan cucu tercinta,” kata Widya Thareq melalui keterangan resmi yang dirilis The Habibie Center, Minggu (11/3).

Pada Jumat (9/3), Habibie juga antusias menyambut kedatangan Dubes RI di Kiev Yuddy Chrisnandi. Yuddy bercerita, saat berkunjung, dia dan Habibie ngobrol cukup lama. Banyak hal yang dibicarakan sampai tak terasa pembicaraan berlangsung hingga hampir dua jam.

“Sambil ngobrol, beberapa kali petugas medis memeriksa beliau. Tapi ngobrolnya tidak terganggu. Kalau tidak distop untuk permisi dan mempersilakan beliau istirahat, beliau masih antusias untuk berbincang,” kata Yuddy saat dihubungi Jawa Pos kemarin. Yuddy mengatakan, belakangan Habibie juga sudah banyak beraktivitas. Tidak melulu istirahat di dalam kamarnya di lantai 2. Setiap hari, Habibie sarapan di ruang makan lantai 1. Dia juga cukup banyak menerima tamu-tamu yang datang membesuk. Mulai dokter kepresidenan, mantan Dubes di Berlin Fauzi Bowo, hingga staf diplomat KBRI dan KJRI di Jerman.

“Beliau sama sekali tidak tampak sakit. Sangat antusias menyambut tamu-tamunya. Ngobrol dengan riang,” tambah Yuddy. Dari informasi, setidaknya diperlukan waktu sebulan ke depan untuk memulihkan kondisi kesehatan Habibie. Dalam perbincangannya dengan Yuddy, Habibie juga menyampaikan terima kasih kepada semuanya yang telah memberikan perhatian dan doa untuk kesembuhannya. “Saat ini beliau ditemani putra-putra dan keluarganya, para pengawal (paspamres), dan tim dokter kepresidenan. Juga staf diplomat RI di Jerman,” terang Yuddy.

Kondisi Habibie memang jauh membaik ketimbang saat dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sesak nafas akhir Februari lalu. Presiden Joko Widodo lalu mengutus Prof dr Lukman Hakim Makmun, SpPD, KKV(K), salah satu dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari tim dokter kepresidenan untuk berangkat ke Jerman mendampingi Habibie selama menjalani perawatan medis.

Setelah dilakukan beberapa tindakan di klinik Starnberg, tim dokter mendiagnosis terdapat kelainan pada katup jantung dengan derajat ringan. Dengan kondisi tersebut, Habibie belum memerlukan tindakan medis yang invasif. Ketua Dokter Kepresidenan RI Azis Rani mengatakan bahwa untuk saat ini, Habibie hanya perlu mendapatkan perawatan intensif. “Perawatan dengan obat-obatan diberikan secara intensif dan berkelanjutan dengan memantau keluhan sesak yang berangsung-angsur hilang,” timpal Azis.

Tim dokter juga melaporkan keadaan umum dan pernafasan saat ini sudah lebih membaik, tidak ada kegawatan, gangguan gizi, dan gangguan lainnya. Habibie direncanakan masih melanjutkan perawatan dalam beberapa hari ke depan. (and/oki/jpg)

Update