Jumat, 19 April 2024

Kritik untuk BP Batam

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

foto: instagram

batampos.co.id – Ketua Kamar Dagang (KADIN) Kota Batam Jadi Rajagukguk meminta BP Batam untuk fokus mengembangkan investasi. BP Batam diminta mengurangi kegiatan-kegiatan pariwisata.

“Saya mengingatkan agar BP Batam kembali kepada tugas pokok dan fungsinya yaitu konsentrasi kepada investasi dan perdagangan,” katanya.

Menurutnya, BP Batam hampir sama dengan Iskandar Regional Development Authority (IRDA) di Johor Bahru Malaysia. Tugas pokoknya adalah mengembangkan kawasan investasi, menarik invesor sebanyak-banyaknya dan meningkatkan lalu lintas perdagangan.

“Dari namanya sudah jelas Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP-KPBPB Batam). Memang boleh saja dan bagus BP Batam melakukan berbagai kegiatan event-event pariwisata dan kemasyarakatan, tetapi harus tetap fokus kepada bagaimana menarik investor melalui kegiatan promosi keluar negeri,” katanya.

Menurutnya, BP Batam harus meningkatkan jalur lalu lintas perdagangan dan koordinasi dan membantu pemerintah kota Batam dalam membangun berbagai fasilitas dan infrastruktur di Batam.

“Namanya saja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP-KPBPB Batam) sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, mengurusi soal investasi, perdagangan, kalaupun ada pariwisata lebih kepada pengembangan kawasan industri pariwisata,” katanya.

Menurutnya, BP Batam harus menjalin koordinasi dengan dinas pariwisata Batam jika ingin mengeliatkan sektor pariwisata melalui berbagai kegiatan pariwisata.

“Jadi menurut saya event ini harus bekerjasama agar cepat pariwisata di Batam maju,” katanya. (ian)

Update