Sabtu, 20 April 2024

Wing Air Mendarat di Bandara Dabo

Berita Terkait

batampos.co.id – Kunjungan Bupati Lingga Alias Wello ke Gedung Lion Tower di Jakarta beberapa waktu lalu, berbuah manis. Pasalnya, warga Kabupaten Bunda Tanah Melayu akan mendapat pasokan moda transportasi baru yakni Wings Air berjenis ATR 72.

Pesawat yang direncanakan melayani penerbangan Batam – Dabo Singkep dan sebaiknya ini mendarat perdana di Bandara Dabo Singkep, Minggu (11/3) sekitar pukul 9.00 WIB.

Menurut Bupati yang akrab disapa Awe ini, panjang landasan runway Bandara sudah dapat digunakan oleh pesawat dengan jenis ATR 72. Namun dia mengaku telah mengajukan permohonan perpanjangan landasan runway bandara ke Presiden RI Joko Widodo.

“Saya sudah bikin surat permohonan perpanjangan runway sepanjang 1000 meter kepada Bapak Presiden Jokowi melalui Kepala staf Presiden Bapak Muldoko,” kata Awe.

Jika perpanjangan landasan disetujui, kedepan penerbangan menggunakan pesawat ATR 72 akan melayani sejumlah rute yang saat ini digandrungi penumpang. Adapun rute penerbangan yang laris saat ini adalah, Dabo – Batam, Dabo – Pekan Baru dan Dabo – Jambi.

Sementara itu, pilot Wings air, Ikhsan mengaku Bandara Dabo sudah memadai untuk didarati pesawat jenis ATR 72. Namun hanya ada beberapa faktor yang mesti dibenahi seperti sistem navigasi agar pilot tidak hanya berpedoman dengan visual saja, namun juga mendapat panduan.

“Panjang landasan 1300 untuk pesawat kami ini yah sedikit mepet sehingga tidak maksimum, untuk saat ini belum dapat maksimal lah,” ujar Ikhsan.

Untuk penerbangan atau beroperasinya Wings Air melayani masyarakat Kapulauan Salah satunya di Kabupaten Lingga ini, Ikhsan mengaku belum mengetahui terkait hal itu. Menurutnya hal tersebut tergantung kesiapan dan persetujuan dari management mereka. (wsa)

Update