Sabtu, 20 April 2024

Dukung Konsep dan Pola Pendidikan Pesantren

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menikmati sarapan pagi bersama santri pondok Pesantren Al Kautsar Kilometer 13, Tanjungpinang, Selasa (13/3). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun sangat mendukung konsep dan pola pendidikan yang diterapkan di Pesantren. Dari pondok pesantren inilah lahir generasi generasi penerus bangsa dengan karakter keagamaan yang kuat serta keilmuan yang mumpuni.

“Pesantren zaman now semakin bagus dalam mendidik para santrinya. Para alumni pesantren banyak yang berkualitas bahkan mampu bersaing dengan anak-anak yang belajarnya hanya di sekolah umum. Terbukti tadi pengasuh pesantren kasih tau kalau alumni sini sudah ada yang dapat beasiswa S2 di Belanda dan Turki kan luar biasa itu,” ujar Nurdin mengawali tausiyahnya saat Safari Subuh di Masjid Pesantren Al Kautsar Km.13, Tanjungpinang, Selasa (13/3).

Menurut Nurdin, para santri semua dah terbiasa hidup disiplin di Pesantren, dah biasa sholat berjamaah, sholat tahajud. Jadi dia sangat menjamin dan tidak meragukan lulusan pesantren akan menjadi generasi pemimpin negeri yang berkualitas. Apalagi ditambah bekal keilmuan baik ilmu agama maupun pengetahuan umum yang telah didapatnya.

Pesantren yang sudah beroperasi dan pernah mendapat bantuan pada saat H. Muhammad Sani sebagai Gubernur ini masih perlu banyak pembenahan baik sarana prasarana lingkungan pondok dan masjidnya. Untuk hal tersebut Pemprov Kepri sangat mendukung dan siap membantu upaya-upaya yang dilakukan pihak pesantren untuk kelanjutan pembangunan infrastruktur yang masih diperlukan.

Menurutnya, dari jaman jadi Wakil Bupati sama almarhum Sani sampai saat ini dirinya selalu mendukung program dan melanjutkan yang dilakukan. Contohnye almarhum bangun Masjid Agung Karimun, dan Nurdin menyambung dengan membuatkan Menara Masjid dan lainnya. “Apalagi pesantren ini juga program dari jaman almarhum insyaallah kami siap membantu kelanjutan pembangunan nya sesuai kemampuan kami,” ujar Nurdin di hadapan ratusan santri dan para jamaah.

Para santri dan jamaah sangat antusias mendengarkan tausiah Nurdin. Kembali diingatkan Nurdin agar para santri sebagai generasi muda harus senantiasa memiliki semangat dalam menimba ilmu, ikhlas dalam belajar pasti ilmunya bermanfaat dan barokah. Serta jauhkan diri dari hal yang negatif seperti misalnya narkoba.

“Jadi santri harus tekun semangat belajar dan ikhlas agar ilmunya manfaat dan barokah. Anak jaman sekarang tak usah bergaul yang macam-macam, apalagi pakai narkoba jangan sampai ya adek adek semua” pesan Nurdin.

Usai melaksanakan kegiatan safari shubuh ratusan para santri putra dan putri yang hadir berebut berkumpul untuk berfoto dan bersalaman dengan Gubernur Kepri yang didampingi Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah dan para kepala OPD.

Usai Subuh, Nurdin bersarapan pagi bersama ratusan santri. Nurdin tampak berada di tengah-tengah para santri menikmati lontong dan segelas teh. (bni)

Update