Rabu, 24 April 2024

Cek dan Lapor jika Tak Masuk DPS

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tanjungpinang sudah semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjungpinang sudah menuntaskan tahapan demi tahapan. Jumat (16/3) besok, akan dilangsungkan sidang pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Tanjungpinang.

Ketua KPUD Tanjungpinang, Robby Patria meminta partisipasi warga untuk sama-sama mengecek data pleno DPS yang akan diumumkan di kantor kelurahan. “Jika namanya tidak ada, silakan melapor ke KPU,” imbau Robby, Rabu (14/3).

Hal ini penting dilakukan agar hak pilih warga yang bersangkutan tidak hilang begitu saja. Cara untuk melapor ke KPU Tanjungpinang cukup mudah. Robby menerangkan, warga yang namanya belum terdata di DPS hanya diminta membawa KTP elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga ke sekretariat KPUD di bilangan Km 8 Atas.

“Jika belum punya e-KTP, bisa juga pakai Surat Keterangan bahwa KTP-nya masih dalam proses cetak,” ujar Robby.

Partisipasi warga ini, sambung Robby, akan berdampak besar pada kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Tanjungpinang tahun ini. Pasalnya, KPUD Tanjungpinang menargetkan partisipasi pemilih mencapai lebih dari 70 persen. Sebab itu, dalam mewujudkan target itu, kata Robby, tidak dipungkiri amat dibutuhkan partisipasi dan kesadaran warga.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri dalam menyukseskan Pilkada. Perlu juga kesadaran dan partisipasi warga,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, sosialisasi demi sosialisasi juga akan terus ditaja KPUD Tanjungpinang dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih agar angka golput di Tanjungpinang bisa semakin ditekan. (aya)

Update