Kamis, 25 April 2024

Polemik Angkutan Umum Membelit Pariwisata Batam

Berita Terkait

Potongan video aksi pengrusakan pada taksi online.

batampos.co.id – Polemik antara angkutan daring dan konvesiol yang berkepanjangan di Batam menganggu sektor pariwisata. Dikhawatirkan, sektor baru dini dikembangkan ini dapat terhambat. Padahal sektor ini kerap diganungkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi sebagai sektor andalan baru ekonomi Batam.

Hal ini diakui, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, menurutnya persoalan ini akan mempengaruhi wisatwan baik wisatawan mancanegara maupun lokal.

“Apalagi kalau sudah masuk media sosial. Maka dari itu, persoalan taksi kini sedang dibenahi,” katanya.

Ia mengatakan, keamanan dan kenyamanan wisatawan harus dijaga. Keharusan ini tak lain sebagai upaya menghidupakn sektor pariwisata itu sendiri.

“Pariwisata hidup,s emua sektor akan hidup,” katanya.

Selain sektor pariwisata secara umu, MICE Batam cukup memberi andil bagi perekonomian Batam. mengawali tahun 2018 sudah banyk kegiatan berskala nasional digelar di Batam.

“Lima even nasional diselengrakanan Januari-Febuari. Dengan jumlah capai15 ribu kunjungan wisatawan. Tapi kalau taksi online dan konvensional polemik, jadi masalah. Makin sedikit orang datang ke Batam,” ujar Amsakar mengingatkan.

Karena itu, diminta dua kubu, dalam hal ini taksi online dan konvensional untuk sama-sama komit dengan aturan dan menjaga Batam tetap sejuk.

“Tetap komit pada yang sudah disepakati. Berkali-berkali rapat, tapi solusi permanenya belum ditemukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengklaim penikmat hiburan tak mempersoalkan pengeluaran jika layanan pemilik hiburan baik. Ia menyampaikan, peningkatan layanan merupakan hal yang mutlak bagi pelaku usaha jasa hiburan agar usahanya tetap diminati, terlebih bagi wisatawan dan kalangan berkantong tebal.

“Servis bagus, orang akan datang. Nambah 10 persen tak berap buat mereka, orang spa, boling kan orang berduit semuakan,” katanya, Senin (13/3).

Menurutnya, hal ini bukanlah pendapatnya pribadi melainkan sudah dibuktikan dengan keadaan.

“Ini survei, survei membuktikan kalau service bagus orang akan tertarik,” kata dia. (adi)

Update