Jumat, 19 April 2024

4 Peserta UKW tak Lulus

Berita Terkait

batampos.co.id – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI di hotel Pusat Informasi Haji (PIH) secara resmi ditutup, Jumat (16/3). Dari 19 peserta UKW, empat orang dinyatakan tidak lulus.

UKW ke 10 yang digelar oleh PWI kepri dibagi dalam tiga jenjang. Untuk muda diikuti 10 peserta, untuk madya diikuti 7 dan utama 2 orang. Sementara jumlah penguji ada 4 orang.

Perwakilan PWI pusat sekaligus salah satu penguji, Uyun achadiat tidak menyebutkan nama-nama yang tidak lulus. Dan meminta kepada yang tidak lulus untuk tidah patah semangat.

“Bagi yang tidak lulus bisa mencoba dalam UKW selanjutnya. Tetapi menurut sudah tahu masing-masing siapa yang tidak lulus dari penguji. Intinya kalau nilainya di bawah 70 tidak lulus,” katanya.

Sementara kepada peserta yang lulus, ia berharap agar bisa mengaplikasikan status wartawan kompeten yang disandangnya. “Keluar dari sini, dan dinyatakan kompeten, maka akan menjadi sorotan publik. Kita harus bertanggungjawab dengan status kompetensi kita. Caranya dengan menyajikan berita-berita yang bagus dan yang layak,” katanya.

Menurutnya, wartawan bertugas menyampaikan berita kepada pembaca dan memastikan pembaca tidak pusing membaca berita yang disajikan. “Makanya saya berharap setelah uji kompetensi ini, maka akan lebih baik kedepannya,” katanya.

Sekretaris PWI Kepri, Saibansah Dardani mengaku senang karena pelaksanaan UKW yang digelar selama dua hari berjalan lancar. Dan ia berharap setiap wartawan yang dinyatakan berkompeten, untuk melahirkan karya-karya yang bagus.

“Makanya harus dipastikan berita-berita harus terkonfirmasi. Dan berita hoax harus dihindari,” katanya.

Sementara bagi peserta yang tidak lulus agar tidak berkecil hati. “Kan masih ada kesempatan berikutnya. Jadi jangan berkecil hati. Tetap semangat,” katanya.

Sementara ketua dewan kehormatan PWI Kepri, Candra Ibrahim mengatakan acara uji kompetensi ini memang sangat besar manfaatnya. Mengingatkan wartawan mengenai tugas-tugas dan fungsinya dalam pekerjaan mencari dan memproduksi berita.

“Jadi di lapangan, kita diingatkan lagi mengenai cara- cara peliputan yang benar. Mungkin selama ini ada hal-hal yang kita abaikan tetapi lewat UKW ini diingatkan lagi,” katanya.

Manager humas Bright PLN Batam Bekti Panggabean yang menjadi sponsor utama pelaksanaan UKW itu mengaku senang karena acara itu berjalan lancar. “Ini bentuk kerjasama kita dengan media. Di mana saling membutuhkan atau simbiosis mutualisme,” katanya. (Ian)

Update