Jumat, 19 April 2024

Bukan Mimpi, Mobil Bisa Terbang

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

batampos.co.id – Surat kabar Inggris, Daily Mail, melaporkan mobil seharga 499 ribu euro atau sekitar Rp8,6 miliar dengan nama Personal Air and Land Vechicle (Pal-V) itu, mampu melaju dengan kecepatan hingga 170 kilometer per jam, baik di darat maupun saat terbang.

Mesin utama pada mobil terbang ini bersifat hibrida, yang merupakan gabungan mesin sepeda motor dan helikopter.

Pertama kali diluncurkan di ajang Geneva Motor Show pada Selasa (6/3), mobil terbang beroda tiga ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak dua orang, dan telah mendapat meraih sertifikasi keamanan di Amerika Serikat dan Eropa.

Kendaraan ini terbuat dari perpaduan material serat karbon, titanium, dan aluminium dengan total berat 680 kilogram. Menariknya, hanya dibutuhkan permukaan datar sepanjang 165 meter untuk lepas landas, dan sepanjang 30 meter untuk mendarat.

Sistem kemudinya dibuat serupa dengan sepeda motor, di mana pengendara cukup mengendalikannya melalui setang berpadu sebuah tuas kontrol dan panel kokpit dengan petunjuk penggunaan yang sederhana.

Untuk melaju hingga daya tempuh maksimal, kendaraan ini membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 27 gallon, atau sekitar 102 liter.

Dengan sejumlah BBM tersebut, Pal-V mampu terbang hingga sejauh hampir 500 kilometer pada ketinggian 3.500 meter. Adapun di darat, dengan kondisi yang sama, mampu menempuh jarak maksimal hingga 1.200 kilometer.

Butuh waktu hingga enam tahun uji coba bagi Pal-V untuk siap diluncurkan secara komersial dan merebut status sebagi pelopor dalam produksi mobil terbang personal secara massal.

“Konsep mobil terbang telah banyak muncul di film-film, dan tahun depan, hal itu akan menjadi kenyataan,” ujar CEO Pal-V, Robert Dingemanse. (DailyMail/AP/ttg/jpg)

Update