Sabtu, 20 April 2024

Pemko Batam akan Bangun Embung Untuk Petani

Berita Terkait

Ketua Kelompok Tani Wanita Barokah, Tri Sakti Setia Budi memperlihatkan cabe setan yang ditanam di Fasilitas Umum Perumahan Griya Piayu Asri.
Foto: Wahyudin Nur/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP) Kota Batam tahun ini akan membangun empat embung untuk komunitas tani dan melengkapi peralatan untuk rumah potong unggas Pemko Batam yang berada di Tanjungriau.

Kepala DKP, Mardanis mengatakan pembangunan embung yang berukuran 500 M3 ini untuk membantu petani yang ada saat ini. Selain empat embung tersebut anggaran sebesar Rp 948.052.000 ini juga akan digunakan untuk pembelian peralatan untuk RPU.

Dia menyebutkan semula ada tujuh embung yang akan dibangun yakni di Pulau Tanjungkubu, Bulangkebam, Pemping, Airraja, Kepalajeri, Karas dan Galang baru.

“Namun karena alat potong juga urgent jadi hanya empat yang dibangun tahun ini. Untuk yang empat ini saya lupa yang mana saja,” terangnya.

Embung ini akan dikelola oleh kelompok tani yang merupakan binaan DKP Batam. Jadi ini tidak perorangan sistemnya swakelola. “Nanti pembangunannya kami serahkan kepada kelompok tani penerima,” sebut mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ini.

Ia menambahkan untuk jenis pertanian sementara ini masih didominasi tanaman jagung, sayura, ubi dan cabe. Dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khsusus (DAK) ini diharapkan bisa membantu kelancaran proses tanam menanam di sana terutama dari segi pengairan.

“Ya, setidaknya ini upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mereka yang bekerja sebagai petani. Karena seperti diketahui semuanya lagi lesu. Semoga hasil tani mereka juga meningkat” ungkap Mardanis.(yui)

Update