Sabtu, 20 April 2024

Budayakan Donor Darah

Berita Terkait

Sejumlah warga mengikuti donor darah di Aula Bukit Tabot Batu Kucing Tanjungpinang, Minggu (18/3). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Komunitas Medik Katolik Indonesia (KMKI) Wilayah Kepri bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjungpinang menggelar aksi sosial donor darah Selamatkan Sejuta Jiwa di Aula Bukit Tabor Batu Kucing Tanjungpinang, Minggu (18/3).

Kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulan sekali oleh KMKI ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya donor darah sekaligus membantu PMI yang masih kekurangan stok darah. Nantinya, kantong darah yang terkumpul akan diserahkan ke PMI Tanjungpinang untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

“Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap sesama,” kata Ketua Panitia Acara, dr. Sunarto.

Menurutnya, donor darah juga merupakan bentuk amal dan diharapkan kepada pendonor berniat untuk saling membantu dan darah dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain yang membutuhkan. Selain itu, donor darah yang dilakukan tiga bulan sekali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pendonor. “Golongan darah apapun pasti dibutuhkan,” kata Sunarto.

Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Tanjungpinang dr. Sudianto mengatakan, PMI sangat mengapresiasi dan sangat terbantu dengan kegiatan donor darah ini. Menurutnya, PMI Tanjungpinang membutuhkan setidaknya 600 kantong darah setiap bulannya. “Sangat jarang memenuhi target, hanya 50 persen saja setiap bulannya,” jelasnya.

Sudianto mengimbau, bagi yang ingin mendonorkan darah bisa langsung ke PMI Tanjungpinang dan pendonor harus sehat, tidur cukup dan harus sarapan pagi. “Setidaknya harus cukup tidur selama lima jam,” himbaunya. (odi)

Update