Sabtu, 20 April 2024

Jembatan Penyeberangan Tak Laku

Berita Terkait

Pilih menyeberang jalan. | yulianti / batampos

batampos.co.id – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sejatinya berguna untuk menghindari konflik antara pejalan kaki dan kendaraan. Namun, saat ini masih ada beberapa JPO yang tingkat pemanfaatannya rendah. Hal itu terjadi di JPO Putri Hijau, Batuaji, yang tidak jauh dari sekolah SMKN 1 Batam.

Pelajar maupun warga sekitar masih enggan menggunakan JPO itu untuk menyeberang, mereka lebih memilih menerobos jalan karena alasan praktis dan tak harus naik-turun tangga.

“Lebih cepat menyeberang langsung,” kata Dewi Ambarwati, warga Putri Tujuh, Batuaji, Minggu (18/3).

Apalagi pembatas jalan antara kedua ruas tidak terlalu panjang sehingga warga dan pelajar masih bisa leluasa menyeberang.

Diakuinya, sejak selesai dibangun pada Desember lalu, memang jarang pejalan kaki dan anak sekolah yang memanfaatkan fasilitas pemerintah tersebut. Padahal, sebelumnya pemerintah kota membangun JPO tersebut untuk memudahkan warga sekitar mendapatkan fasilitas tempat menyeberang.

“Kalau nyeberang harus hati-hati. Soalnya kendaraan padat,” katanya.

Fenomena ini tentu dapat meningkatkan resiko kecelakaan karena minimnya kesadaran pejalan kaki untuk menyeberang menggunakan JPO.

“Ruas jalan ini agak menikung, jadi rawan kecelakaan,” kata Rohimah pengguna JPO.

Ia pun berharap pemerintah perlu mengupayakan strategis untuk meningkatkan pemanfaatan JPO tersebut, salah satunya mungkin dengan memasang pagar pembatas di trotoar. (une)

Update