Sabtu, 20 April 2024

Perbaikan Jalan Marina City Diusulkan ke Pemprov

Berita Terkait

Truck pengangkut tanah melintas di Jalan Marina City, Tanjunguncang, Batuaji. Truck pengangkut tanah ini merusak jalan dan dikeluhkan oleh warga. | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kerusakan jalan Marina City kian parah. Nyaris tak ada jalan yang mulus lagi di sepanjang jalan menuju kawasan wisata Marina itu.

Warga pengguna jalan di sana kembali menyuarahkan situasi jalan yang kurang nyaman itu. Warga berharap agar kerusakan jalan itu secepatnya diperbaiki agar kerusakan tidak semakin lebar dan dalam.

Camat Sekupang M Arman saat dikkonfirmasi mengaku, sudah menyampaikan harapan warga tersebut ke Musrembang tingkat kecamatan dengan harapan agar usulan perbaikan jalan itu dilanjutkan ke Pemerintah Provinsi Kepri.

“Itu jalan provinsi makanya usulan Musrembang (tingkat kecamatan) kemarin akan dilanjutkan ke tingkat Provinsi,” ujar Arman di Marina, Minggu (18/3).

Meskipun bukan wewenang Pemko Batam, Arman tetap berharap agar usulan itu segera direspon oleh Pemprov sehingga kerusakan jalan di sana segera diperbaiki. “Upaya perbaikan masih minim. Makanya kita berharap agar segera ditanggapi,” tutur Arman.

Jalan Marina City, diakui Arman merupakan akses jalan yang sangat dibutuhkan warga ataupun pelaku usaha wisata di sekitar wilayah Marina. Jika jalan tersebut tak segera diperbaiki tentu akan berdampak buruk bagi iklim pariwisata di Batam secara umum. Wisatawan tentu punya penilaian sendiri. Jika situasi jalan tak mendukung tentu mereka akan minder mendatangi lokaasi tersebut nantinya.

“Itu yang harus kita jaga juga,” ujar Arman.

Disinggun terkait tanggung jawab pihak proyek reklamasi yang sebelumnya diprotes warga karena dianggap merusak jalan utama itu, Arman enggan berkomentar banyak. Itu wewenang Dinas Lingkungan Hidup dan Kecamatan Batuaji.

“Kalau itu masuk ke Kecamatan Batuaji. Tapi dengar-dengar sudah diproses juga (pihak proyek reklamasi) itu,” ujar Arman.

Sementara Camat Batuaji Ridwan sebelumnya mengaku sudah menindak lanjuti proyek yang menyebabkan jalan Marina City rusak parah tersebut dengan melaporkan ke DLH kota Batam. Namun demikian sampai siang kemarin, tindak lanjut atas pelanggaran tersebut belum bisa dipastikan. (eja)

Update