Rabu, 24 April 2024

Empat Kapal Vietnam Diamankan Polisi

Berita Terkait

Kapal Polair Mabes Polri mengawal empat kapal asing yang diamnkan saat bersandar di Batuampar , Senin (19/8). Polair Mabes Polri mengamankan 4 kapal asing asal Vietnam yang melakukan pencurian ikan diperairan Natuna. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Satuan Polisi Perairan (Polair) Mabes Polri menangkap empat kapal asing asal Vietnam yang melakukan tindak pidana pencurian ikan di perairan Natuna Utara, Kamis (15/3) lalu. Usai diamankan, kapal itu langsung dibawa menuju Dermaga Pelabuhan Batuampar.

Pantauan Batam Pos, empat kapal itu telah bersandar di Dermaga Pelabuhan Batuampar, Senin (19/3) kemarin. Kapal itu diapit Kapal Polisi (KP) Baladewa 8002 milik Polair Mabes Polri dan dijaga oleh beberapa orang anggota polisi berpakaian lengkap Sat Polair.

Empat kapal yang diamankan itu bernomor lambung, BV 5480 TS/Sima – 050, KG 90592 TS/Sima – 053, KG 95337 TS/054 dan KG 95366. Dari masing-masing kapal, juga terdapat alat jaring yang digunakan untuk menangkap ikan serta berbagai jenis ikan hasil tangkapan yang disimpan dalam peti es.

Dari infromasi yang dihimpun Batam Pos dari pihak kepolisian, empat kapal itu diamankan dengan waktu dan lokasi yang berbeda. Saat diamankan, kapal asal Vietnam itu tidak bisa menunjukkan dokumen resmi. Kemudian, petugas melakukan pemeriksaan dari dalam kapal.

Adapun hasil pemeriksaan itu, petugas menemukan beberapa bendera yang diantaranya bendera Indonesia, Malaysia serta Vietnam. Sementara, saat dilakukan penangkapan, kapal itu menggunakan bendera Indonesia untuk mengelabui petugas.

Dari perairan Natuna Utara sampai ke Batam, butuh perjalanan selama tiga hari. Sebab, KP Baladewa 8002 tidak bisa menggunakan kecepatan penuh dalam membawa ke empat kapal itu. Sebab, selama perjalanan mereka hanya melaju dengan kecepatan 6 knot.

Komandan Kapal Polisi (KP) Baladewa 8002 Kompol Dani membenarkan adanya penangkapan ini. Namun, saat dikonfirmasi terkait penangkapan ini, Dani belum bisa membeberkannya. Sebab, tangkapan ini rencananya akan diekspose oleh Kapolda Kapri Irjen Didid Widjanardi.

“Benar kalau kita melakukan tangkapan empat kapal. Kalau untuk lebih jelasnya besok (hari ini, red) akan kita sampaikan,” ujarnya singkat. (gie)

Update