Kamis, 28 Maret 2024

Dinas Perikanan Anggarkan Rp 641 Juta untuk Bantu Nelayan

Berita Terkait

Nelayan melintas dekat reklamsi pantai di Tanjungriau, Sekupang | Dalil harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perikanan Kota Batam tahun ini menganggarkan sedikitnya Rp 641 juta untuk membantu peralatan nelayan di tersebar di hinterland (pesisir, red).

Kepala Dinas Perikanan Batam, Husnaini mengatakan anggaran tersebut akan digunakan untuk membeli 10 unit boat pancung berbahan kayu, mesin tempel 20k sebanyak 28 unit, bento label dan mesin ketinting sebanyak 10 unit.

“Ini dari APBD semua, untuk DAK tahun ini kami tak dapat,” sebutnya, Selasa (20/3).

Nantinya peralatan ini akan diberikan kepada nelayan yang ada di Pulau Terong, Pecung, Pemping, Kasu dan Setokok.

Selain boat dan mesin tempel dana tersebut juga digunakan untuk pengadaan jaring ramban, bibit ikan Kerapu Cantang, keramba jaring apung dan vitamin ikan.

“Kita juga ada penyuluh perikanannya. Jadi tak hanya berikan bibit, tapi juga mengajarkan cara pemindahan bibit ke tempat budidaya, karena bibit ikan juga butuh adaptasi lingkungan,” tuturnya.

Ia menambahkan untuk pengadaan bantuan untuk nelayan ini akan dilakukan melalui proses lelang. Rencananya proses lelang akan dimulai petengahan Maret ini.

“Penerimanya yaitu nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB), terdaftar di Dinas Perikanan, memiliki tabungan kelompok, kartu nelayan, anggota koperasi nelayan, dan membuat proposal, serta melalui pembahasan di musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan),” tutup Husnaini. (yui)

Update