Kamis, 25 April 2024

BP Batam Akan Beri Lahan Untuk Pasar

Berita Terkait

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.
Foto: Cecep Mulyana / batampos

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) akan menyelaraskan misi pembangunan ekonomi 2019 dengan visi dan misi Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Secara detail, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengungkapkan BP Batam akan membantu tugas Pemko dalam menata kota Batam agar menjadi lebih tertata rapi dan indah. Sehingga mampu mewujudkan Batam sebagai bandar madani dunia.

“Sinkronisasi pembangunan antara BP dan Pemko tentu lewat penyerahan aset jalan sehingga Pemko bisa melakukan pembangunan dan perbaikan tanpa harus menunggu legalitas,” kata Lukita di Gedung Marketing BP Batam, Rabu (21/3).

Kemudian penyerahan aset Pasar Induk Jodoh akan segera dilakukan secepatnya. Dan tampaknya BP Batam berniat mengalokasikan lahan-lahan di setiap kecamatan untuk dibangun pasar. BP Batam berharap dengan keberadaan pasar di sentero Batam dapat menekan biaya komoditi pokok.

“Kita akan lihat lahan-lahan yang tersedia, supaya setiap kecamatan tersedia pasar-pasar. Sehingga bisa tekan biaya kebutuhan pokok. Saya sangat menyambut rencana ini dan secepatnya akan dikoordinasikan,” paparnya.

Selanjutnya adalah persoalan drainase dan kolam retensi. BP akan mencoba memetakan keseluruhan drainase dan kebutuhan kolam retensi di seluruh penjuru Batam. “Drainase ini penting karena menyangkut banjir yang sering terjadi di Batam. Makanya kami harus duduk bersama dulu,” ungkapnya.

Berikutnya adalah tentang lahan untuk pemakaman. “Untuk makam, saya katakan akan komitmen untuk hal-hal yang perlu dan dibutuhkan dulu. Jadi tidak secepatnya disediakan,” janjinya.

Dan persoalan terakhir yang akan diupayakan untuk diselesaikan adalah persoalan relokasi penduduk dari lahan Baloi Kolam.”Ada sejumlah kerjasama yang sudah dilakukan bersama Walikota, contoh soal Kampung Tua dan Baloi,” katanya.

Ia menyatakan akan ada tujuh titik yang dijadikan sebagai lokasi baru bagi warga pindahan Baloi Kolam.”Titik-titik tersebut antara lain ada di Nongsa, Kabil, Tanjungpiayu dan lainnya. Yang penting lokasinya dulu dan lokasinya layak, tidak diatas tebing tapi akan kami berikan lokasi lahan yang datar,” pungkasnya.(leo)

Update