Kamis, 25 April 2024

Lelang Jabatan Pemko Batam Digelar Mei Mendatang

Berita Terkait

Ribuan Pegawai Negeri Sipil Pemko Batam meninggalkan lapangan Engku Putri Batamcenter usai melaksanakan apel bersama.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sejak mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pergantian pejabat eselon II, hingga kini Pemerintah Kota Batam belum melakukan mutasi maupun promosi jabatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) M Sahir mengatakan, terkhusus pergantian pejabat melalui mekanisme lelang jabatan akan dilakukan Mei mendatang. “Kami sesuaikan, karean yang pensiun ada yang di bulan Juni dan April. Jadi Mei rencananya,” kata Sahir.

Rencana awal pergantian pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada tiga jabatan yang akan melewati mekanisme lelang yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang kosong semenjak Dendi Purnomo tersandung kasus hukum. Dua posisi lain yang akan kosong karean akan ditinggal pensiun, yakni Assisten Ekonomi Pembangunan yang kini dijabat Gintoyono Batong, juga Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) yang akan kosong karean Muslim Bidin

“Kami sedang siapkan prosesnya ya,” ucapnya.

Untuk diketahui, sejatinya ada enam posisi jabatan yang akan diganti. Namun ajabatan lain seperti Dinas Perhubungan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisataakan dicari pemimpinnya berdasarkan mekanisme job fit (evaluasi). Posisi lain adalah Dinas Permukiman, Perumahan Rakyat, dan Pertamanan (Disperkimtan).

Sekretarsi Daerah Batam Jefiridin mengatakan, pergantian pimpinan OPD melelaui mekanisme jobfit tidak perlu melewati assement (lelang jabatan). “Kami tunggu arahan pak wali (walki Kota Batam Muhammad Rudi), kalau beliau bilang job fit laksanakan, kami akan laksanakan,” ucap dia.

Menurutnya, kini proses pergantian pimpinan OPD di Pemko Batam menunggu masa pensiun beberapa kepala OPD yang memasuki masa pensiun. Karena menurutnya, jika tidak ada jabatan yang kosong pergantian pimpinan tidak bisa dilaksanakan. Semabri menunggu pimpinan definitif setelah ada yang pensiun, pihaknya memastikan akan menunjuk pejabat sementara.

“Saya akan lapor pak wali dulu, setelah ada arahan beliau. Tidak bakalan kosong nanti, tetap terisi,” ucap dia. (adi)

Update