Jumat, 19 April 2024

Mal Pelayanan Publik kota Batam Terus Berbenah

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Seorang warga sedang melakukan pengurusan perizinan di dinas Penanaman Modal Kota Batam di Mall Pelayanan Pubik. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id– Berbagai inovasi serta fasilitas pelayanan terus dikembangkan di Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Dari penyediaan layar informasi, digital library (perpustakaan digital ) hingga pengembangan layanan di stand-stand instansi.

Pengembangan layanan seperti yang di lakukan di stand Kepolisian dam Samsat yang kini telah menambahkan tombol dan monitor antrian. Di stand polisi misalnya, tersedia berbagai layanan seperti perpanjangan SIM Online, pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Visa, SKCK, pewrpanjangan KTA Satpam hingga difungsikan sebagai Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu.

Sementara itu, layar informasi terletak persis di atas pintu masuk. Fasilitas ini berfungsi sebagai media imbauan maupun informasi dari berbagai instansi yang terintegrasi di MPP Batam.

“MPP ini memang didesain untuk masyarakat maupn pengusaha yang kan berinvestasi. Kami ingin pengguna layanan nyaman dan aman,” ucap Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau, kemarin.

Tak hanya itu kini MPP tengah mempersiapkan layanan Mandiri Digital oleh Bank Mandiri kelak konter tersebut sesuai dengan namanya dipersiapkan untuk transaksi berbasis digital atau non tunai.

Selain itu yang juga menarik adalah penyedian Digital Library (Perpustakaan Digital) yang dipersiapak persis samping perpusatakaan buku yang sudah ada. Tak jauh dari lokasi ini kini tersedia lokasi bermain anak-anak. “Digital Library ini pertama di Batam, pihak Telkom selain buka konternya juga menyediakan ini (digital library),” ucap dia.

Gustian menyebutkan, kini MPP Batam semakin ramai. Ribuan pengguna layana tersu berdatangan ke MPP Batam setiap harinya. “Mereka sekarang sudah tahu dan merasa nyaman. Parkir penuh sekarang,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, kepuasan akan layanan di MPP Batam pernah disampaikan seorang warga via video streaming. Tak hanya itu, video tersebut juga berisi ucapan terimakasih atas kerjakeras Pemko Batam mengembangkan infrastruktur di Batam.

“Kami merasa senang karena telah berbuat untuk masyarakat, mereka merasa senang,” kata dia. (adi)

Update