Kamis, 25 April 2024

Pererat Silaturhami dan Persahabatan Pramuka

Berita Terkait

Gagal di MK, PDIP Gugat ke PTUN

PKB-Gerindra Lanjutkan Kerja Sama Politik

Penyematan scraf peserta KISC oleh Kepala SMPN 2 Karimun Salawati, Jumat (23/3). F.Ichwanul Fazmi/batampos.co.id 

batampos.co.id – Karimun International Scout Challenge (KISC), resmi dibuka oleh Asisten III, Hurnaini, Jumat (23/3) di halaman SMPN 2 Karimun. Kegiatan kepramukaan ini, melibatkan SMK Dato Penggawa Barat, Pontian Johor dengan mempertandingkan sejumlah perlombaan selama tiga hari ke depan.

Di antaranya, persahabatan pramuka Indonesia, dan Pengakap Malaysia. Kemudian, perlombaan Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, dan program Adiwiyata. Termasuk progam seni membatik. Peserta KISC juga dibawa berkunjung ke sejumlah objek wisata di Pulau Karimun. Sebelum pulang juga dilaksanakan malam kebudaan dan ramah tamah.
Hurnaini yang mewakili Bupati menegaskan, pemerintah sangat mendorong, sekaligus mendukung kegiatan kepramukaan yang melibatkan dua negara.

Melalui kegiatan pramuka bisa membuat peserta lebih berkarakter, kreatif, dan berinovasi dalam mengisi pembangunan. Selain itu, menghindarkan anak-anak dari hal-hal bersifat negatif.

“Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini. Karena kegiatan pramuka bisa mendekatkan anak dengan kedisiplinan, sehingga bisa menciptakan pribadi yang jujur, dan mampu menghindarkan mereka dari hal-negatif,” kata Hurnaini.

Sementara Ketua sekaligus Wakil Resmi merangkap Guru Penolong Kanan Hal Ihwal Murid SMK Dato Penggawa, HM Azmi mengaku terharu atas sambutan yang diberikan tuan rumah. Terlebih begitu sampai di pelabuhan, rombongan disambut kompang. Bahkan mempersembahkan tanjak yang disematkan oleh Camat Karimun, Arpan.

Karimun International Scout Challenge melibatkan persekutuan pengakap Malaysia yang diwakili Pengakap Laut Kumpulan 14 Pontian, Johor. Masing-masing 49 peserta pelajar, dan 15 guru.

“Kami sangat berbangga mendapat sambutan yang begitu tinggi. Mulai dari kedatangan, hingga penjamuan. Kami berharap, kegiatan ini terus kekal, dan berkesinabungan dalam mempererat silaturahmi,” ungkap Azmi.

Sedangkan Kepala SMPN 2 Karimun, Salawati menjelaskan, KISC merupakan kerja sama dua negara yang diselenggarakan untuk Pramuka Indonesia, dan Pengakap Malaysia. Kegiatan KISC berisi aktivitas kreatif, produktif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk lomba persahabatan.

“Melalui kegiatan KISC dapat memupuk rasa persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian antar Indonesia, dan Malaysia. Dan kita berharap silaturahmi terus terjalin, dan kegiatan serupa tetap terjaga,” ungkap Salawati.

Turut hadir diacara KISC, Kepala Dinas Pendidikan Bakri Hasyim, Camat Karimun, Arpan, Seklur Balai Kota Erwari, Ketua Kwarran Pramuka Karimun, Yusriana. Kegiatan KISC berlangsung di dua titik, SMPN 2, dan lapangan Coastal Area. Sebanyak 105 peserta, dan 50 pembimbing terlibat dalam kegiatan KISC. (enl)

Update