Adik Presiden Soeharto, Probosutedjo meninggal dunia (Miftahul Hayat/JawaPos.com)

batampos.co.id – Probosutedjo, adik mantan Presiden kedua RI Soeharto, meninggal dunia pagi ini, Senin (26/3), di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Iklan

Jenazah Probosutedjo telah diberangkatkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, untuk diterbangkan menuju Kemusuk, Bantul, Jogjakarta. Almarhum diberangkatkan pukul 14.30 WIB, lebih cepat satu jam dari yang semula dijadwalkan.

Saat dimasukan ke dalam mobil jenazah, suasana khidmat diiringi lantunan doa dari para pelayat dan keluarga. Saat pemberangkatan, turut mengawal beberapa kendaraan polisi militer dan diiringi dua bus milik Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Iring-iringan ini juga turut disertai dengan rombongan keluarga besar Cendana. Dari informasi yang didapat, keponakan almarhum Titiek Soeharto akan turut ikut terbang ke Jogjakarta untuk mengikuti proses pemakaman Probosutedjo.

Sebagaimana diketahui, kabar duka menyelimuti keluarga besar Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Probosutedjo, adik kedua bapak pembangunan itu mengembuskan napas terakhir pagi tadi di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Doktor Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kabar tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh staf Siti Hediati Heriyadi (Titiek Soeharto), Dina Asmar.

“Iya tadi pagi jam 7.10 (WIB) di RSCM meninggalnya,” ungkap Dina kepada JawaPos.com, Senin (26/3).

Diketahui, Probosutedjo meninggal akibat menderita kanker tyroid. Dia mengidap penyakit tersebut sejak 20 tahun lalu. Sebelum tutup usia, Probosutedjo sempat dilarikan ke RSCM pada Kamis (22/3).

Probosutedjo merupakan adik seibu dari Presiden kedua Indonesia, Soeharto. Dia lahir di Kemusuk, Bantul, Jogjakarta pada 1 Mei 1930 dan meninggal di usia 87 tahun.

Semasa hidupnya Probosutedjo dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Menara Hutan Buana yang membawahi Yayasan Menara Bhakti, sekaligus merupakan pemilik Universitas Mercu Buana dan salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

(ce1/sat/JPC)