Sejumlah anggota Sat Sabhara Polres Karimun patroli di sejumlah ATM di Karimun. F. Sandi/batampos.co.id

batampos.co.id – Sejak sepekan lalu Sat Sabhara Polres Karimun mulai melakukan patroli, khususnya pada malam hari. Baik menggunakan sarana sepeda motor dan juga mobil. Salah satu yang menjadi perhatian dalam patroli tersebut adalah lokasi anjungan tunai mandiri (ATM) yang ada di Karimun.

”Kita mengetahui ada beberapa kali kejadian di daerah lain tentang pencurian data nasabah bank melalui ATM. Salah satu caranya adanya pemasangan alat skiming. Untuk itu, saya sudah perintahkan kepada anggota polisi yang bertugas siang dan malam untuk rutin melakukan patroli,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin, Senin (26/3).

Untuk wilayah Tanjungbalai Karimun, kata Kapolres, terdapat 21 lokasi atau titik ATM. Ada diantaranya memang siang dan malam ramai, namun ada juga yang sepi. Khususnya pada malam hari. Untuk itu, peningkatan patroli dilakukan pada malam hari di lokasi ATM yang jarang digunakan. Hal ini sebagai bentuk pelayanan dari polisi. Sehingga, dapat mencegah adanya pelaku kejahatan.

Tugas patroli untuk wilayah yang terdapat ATM ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Polres Karimun saja. Tapi, juga dilakukan oleh anggota yang ada di tingkat Polsek. Dengan patroli ini juga sekaligus dapat mencegah terjadinya tindak kriminal. Bukan hanya menghindari pemasangan alat skiming, tapi juga keamanan nasabah pasca bertransaksi di ATM bisa terhindar. “Selain itu, kita juga menghimbau kepada pihak bank yang memiliki ATM agar meningkatkan keamanan mesin ATM,” jelasnya.

Dikatakan Kapolres, kepada para nasabah bank yang biasa menggunakan ATM, diharapkan selalu berhati-hati. Misalnya, jika menemukan kejanggalan pada ATM, maka tidak menggunakan ATM tersebut. Selain itu, tidak menuliskan nomor rahasia ATM di kartu ATM. Karena, jika mengalami kejadian kehilangan kartu ATM, maka rawan disalahgunakan. Sehingga, bisa menimbulkan kerugian. (san)

Advertisement
loading...