foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam bekerja sama dengan Kecamatan Sagulung,  Kelurahan Tembesi,  TNI dan Kepolisian merazia grosir,  minimarket yang menjual ikan kaleng yang mengandung cacing,  Sabtu (31/3/2018).

Iklan

Dalam razia ikan makarel dalam saus tomat kaleng dalam kemasan ini,  Dinkes menemukan cacing yang masih hidup dan bergerak berwarna putih.  Cacing keluar dari dalam ikan setelah dibelah menggunakan sendok.

“Cacingnya pada keluar dari dalam ikan,” ujar dokter Shinta dari Puskesmas Seilangkai saat di lokasi razia. “Ikan kaleng yang kami temukan merek Jojo.  Yang bergerak dan nampak jelas dua ekor.  Dan yang kecil-kecil banyak.”

Ini merk sesuai rilis Kementerian Kesehatan RI dan BPPOM RI.

Razia ada dua tim dengan 13 titik lokasi,  mulai dari Buana Impian,  Cipta Asri,  Plaza Tembesi,  SP Plaza,  Supermarket Top 100 dan lainnya.

Masih kata Dokter Shinta,  mereka lakukan razia karena sangat berbahaya bagi manusia yang menkomsumsinya.  Sesui perintah Kementerian Kesehatan dan BPPOM.  Ada tiga item pertamanya,  lalu ada 27 item lagi yang tidak boleh diedarkan, ujarnya.

Sementara di Supermarket Top 100 Tembesi,  Sagulung pihak Dinkes tidak menemukan ikan kaleng dari 27 item yang dilarang beredar yang mengandung cacing. (ali)