Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono ketika memaparkan bagaimana menjaga Kamtibmas selama Pemilu berlangsung, Jumat (30/3). F. Dokumentasi Kapolsek Tebing.

batampos.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Karimun, terus melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat yang dilaksanakan 12 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se kabupaten Karimun. Dimulai sejak Senin (26/3) lalu mulai dari ASN (Aparatur Sipil Negara), tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan sebagainya.

“Suksesnya Pemilu serentak di tahun 2019 nanti, sangat tergantung pada peran strategi stakeholder dalam pengawasan Pemilu. Sesuai porsi dan tugasnya masing-masing, sehingga menghasilkan Pemilu yang aman dan kondusif,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Karimun Tiuridah Silitonga, kemarin (30/3).

Sebab, Panwaslu sebagai salah satu penyelenggara Pemilu 2019 bertanggungjawab akan suksesnya Pemilu di daerahnya. Melalui sosialisasi Panwascam yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, diharapkan bisa meningkatkan pengawasan yang partisipatif dengan melibatkan masyarakat.

“Pemilu 2019 bisa dibilang, Pemilu serentak yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Tentunya, atmosfir politik dipastikan akan memanas nantinya. Nah, bagaimana peranan kita baik KPU, Panwaslu bersama masyarakat bergandengan tangan untuk melakukan pengawasan dengan tanpa bergesekan satu sama lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panwascam Tebing Syahril pihaknya, memilih melakukan sosialisasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat yang dihadiri sekitar 20 orang. Bagaimana peranan masyarakat untuk mengawasi tahapan Pemilu yang sudah berjalan saat ini.

“Intinya, jangan sampai ada kampanye hitam yang mempengaruhi masyarakat untuk mendukung salah satu caleg. Dan, paling penting menjaga kekondusipan dilingkungan kampung. Semua bisa terjadi, apalagi pada hari pelaksanaan pencoblosan nanti,” ucapnya.

Terpisah Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono menyambut baik sosialisasi yang dilakukan Panwascam Tebing. Mengingat, pihak kepolisian tidak bisa sendiri dalam melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu. Artinya, peranan masyarakat juga sangat penting untuk menjaga kamtibmas.

“Jangan terjadi seperti di daerah lain, bentrok antar pendukung Caleg nanti. Tapi, saya yakin bapak dan ibu sangat mendukung suksesnya Pemilu serentak 2019 nanti,” katanya.
Pantauan di lapangan, pelaksanaan sosialisasi sudah dilaksanakan oleh Panwascam Meral, Meral Barat, Karimun dan Tebing. Dan dilanjutkan ke Panwascam lainnya yang berada di pulau-pulau.(tri)

Advertisement
loading...