Tumis kulit durian. (Istimewa)

batampos.co.id – Aguan Suryanto, warga Batam, ialah pecinta durian. Sayang harga durian di batam amatlah mahal.

Aguan protes.

Caranya, unik.

Dia memposting foto dan video tumisan kulit durian.

Kepada JawaPos.com, Aguan mengaku memang benar-benar memasak kulit durian. Meski demikian, masakan hasil kreasinya tersebut tidak benar-benar dikonsumsi.

“Cuma pajangan saja, ini protes karena harga durian mahal di Batam,” kata Aguan, Sabtu (31/3).

Ketika itu, Aguan hendak membeli durian Jenis Musang King. Harganya Rp 250 ribu per kilogram. Sementara satu buah durian yang dia beli seberat 2 kilogram. Artinya, Aguan harus membayar Rp 500 ribu untuk satu buah durian.

Meskipun memprotes mahalnya harga durian jenis Musang King, Aguan mengaku tidak tahu pasti berapa harga pasaran di daerah lain. Dalam postingan gambar dan video tumisan kulit durian, Aguan turut menuliskan sebuah keterangan.

“Durian mahal di Batam jadi sayang kalau kulitnya dibuang, jadi kulit durian kita tumis saos sambal buat makan malam…ha…ha..ha.. ini sebagai protes harga durian di Batam,” tulis Aguan.

Dari postingan yang diunggah, beragam tanggapan mengalir mengisi lini kolom komentar. Setidaknya ada 6.900 komentar dan 83.000 kali postingan itu dibagikan.

Sebagai informasi, Musang King adalah jenis durian unggulan yang berasal dari Malaysia. Durian ini dikenal memiliki rasa yang lezat melebihi durian lainnya. Bentuk khasnya adalah memiliki biji yang kecil dengan tekstur isi (daging buah) yang tebal.

Dalam situs artikel yang diposting di situs urbania.com, harga Musang King di pasar Singapura berada di kisaran Rp 250 ribu per buah. Sementara durian jenis lain dijual dengan harga tertinggi hanya mencapai Rp100 ribu per buah. Sedangkan harga jenis durian yang sama di pasar indonesia jauh lebih mahal. Yakni, mencapai Rp 300 ribu per buah.

Berat durian Musang King antara 1,5-2 kilogram. (bbi/JPC)

Advertisement
loading...