Iklan

batampos.co.id – Minat warga Indonesia khususnya Batam untuk berliburan ke negeri Singa ternyata masih tinggi. Meski saat ini harga rupiah akan dolar singapura sedang merosot. Dimana harga 1 dolar singapura dihargai Rp 10500-Rp 10600.

Moza salah satu warga yang hendak berangkat ke Singapura mengaku berangkat untuk berliburan. Ia pun tak memikirkan tetang nilai mata uang Indonesia yang tengah jatuh.

“Tinggi sih tukarnya, cuma kalau untuk ongkos transportasi lebih murah ke Singapura dibandingkan harus belibur ke luar Batam,” ujarnya singkat.

Tingginya minat masyarakat ke Singapura bisa dilihat dari jumlah penumpang keberangkatan di Pelabuhan Internasional Batamcenter. Jumlah penumpang hari ini, Sabtu (31/3) diperkirakan meningkat dibandingkan kemarin (Jumat (30/3).

“Keberangkatan pagi hari tadi ramai. Rata-rata warga Indonesia. Sedangkan untuk kedatangan menurun jika dibandingkan kemarin,” ujar Sobri Kasi Operasional Pelabuhan Internasional Batamcenter.

Menurut dia, beberapa operator kapal sudah mengajukan penambahan armada kapal untuk keberangkatan. Namun ia belum bisa menyebutkan berapa jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan Internasional Batamcenter.

“Untuk jumlah penumpang belum kami hitung. Rata-rata yang berangkat orang Indonesia. Datanya baru bisa keluar besok,” imbuh Sobri.

Sementara, Kepala Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam, Lucky Agung Binarto menjelaskan jika jumlah penumpang yang datang mulai berkurang dibandingkan Jumat (30/3). Dimana petugasnya sempat kewalahan menghadapi jumlah penumpang yang membludak.

“Kalau sekarang sudah agak tenang dibandingkan kemarin. Kemarin, jumlahnya luar biasa, makanya petugas cukup kewalahan. Tinggal persiapan arus balek penumpang besok untuk tujuan Singapura,” terang Lucky.

Menghadapi penumpang yang ramai, pihaknya hanya bisa menyiagakan petugas Imigrasi. Hal itu dikarenakan konter cap paspor di Imigrasi Batamcenter terbatas.

“Tempat cap paspor hanya 8 konter, kalau pun kami tambah petugas tidak bisa. Jadi hanya bisa menyiagakan petugas, jika ada yang lelah,’ imbuh Lucky.

Menurut dia, ia sudah meminta penambahan konter cap paspor ke Pelabuhan Batamcenter. Dan dari permintaanya itu, pihak Pelabuhan Batamcenter pun berjanji akan menambah 4 konter cap paspor imigrasi. Dua untuk kedatangan dan dua untuk keberangkatan.

“Masing-masing akan ditambah dua konter untuk kedatangan dan keberangkatan. Ditambah jelang puasa nanti,” pungkas Lucky. (she)

Advertisement
loading...