Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menghadiri safari subuh di Masjid Besar Darul Gufran, Sagulung, Batam, Sabtu (31/3). Safari subuh ini juga dihadiri Aa Gym. F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id.

batampos.co.id – KH Abdullah Gymnastiar mendukung ajakan Gubernur Kepri Nurdin Basirun untuk beraktivitas dengan memulai shalat subuh berjamaah di masjid-masjid. Aa Gym, panggilan akrab KH Abdullah Gymnastiar, mengaku senang jika jamaah memenuhi rumah Allah dalam berjamaah saat shalat Subuh.

Iklan

“Kalau Pak Gubernur mengajak shalat subuh berjamaah, itu sudah paling benar,” kata Aa Gym saat Safari Subuh di Masjid Besar Darul Gufran, Sagulung, Batam, Sabtu (31/3).

Nurdin, yang juga bersama saat Safari Subuh itu mengatakan, jika memulai hari dengan langkah yang baik, perjalanan seharian tersebut InsyaAllah akan berakhir baik. Nurdin yakin kekuatan keimanan akan terus bertambah.

“Saya yakin kita mampu dan bisa. Apalagi kita dalam membangun selalu menjadikan agama sebagai pondasi,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, dalam shalat berjamaah, selalu ada majelis ilmu yang sangat baik. Majelis-majelis ini akan menambah pengetahuan. Juga mempererat silaturahmi.

“Satukan diri dengan silaturahmi. Fitnah, iri dengki dan adu domba ada dimana-mana, yang akan memecah belah umat,” kata Nurdin.

Aa Gym, dalam kesempatan itu menyampaikan pesan dengan mengambil Surat Al Hujuraat ayat 10-12 sebagai panduan. Aa Gym mengajak umat belajar dari bangunan, yang kokoh, indah dan bermanfaat.

Aa Gym juga mengajak masyarakat untuk terlatih menyikapi perbedaan. Karena, titik lemah sebagian umat itu tidak terlatih melihat perbedaan. Setiap berbeda bisa jadi lawan. Kalau tiap perbedaan jadi lawan, bisa mengakibatkan sengsara.

“Persaudaraan itu karena iman dan karena kemanusiaan. Saudara se-Adam se-Hawa,” kata Aa Gym.

Aa Gym menyampaikan tiga semangat yang harus dikedepankan jika ada konflik. Ketiganya itu adalah semangat saudara, semangat solusi dan semangat sukses bersama.

Pada kesempatan itu, Aa Gym berpesan kepada umat untuk tidak saling mencela. Sikap berburuk sangka harus dihilangkan dengan mencari 1001 alasan berbaik sangka.

“Tak ada untungnya meremehkan orang lain,” kata Aa Gym sambil mengajak mengajak umat untuk berlomba-lomba menjaga akhlak.

Aa Gym mengatakan pihaknya berencana membangun masjid yang mampu menampung hingga 2.000 jamaah di kawasan jalan Trans Barelang bersebelahan dengan SPBU Tembesi. Di sini juga sekaligus akan dibangun pesantren.

Menurut Aa Gym, pesantren ini juga semakin mendekatkan santri dari Singapura, Malaysia atau Thailand untuk menimba ilmu. Selama ini beberapa di antara mereka masih mondok di Daarut Tauhid Bandung Jawa Barat.

“Insya Allah, kita akan bangun Masjid. Rumah yang paling bagus rumah Allah,” kata Aa Gym.

Gubernur Nurdin menyambut baik rencana pembangunan masjid dan pesantren tersebut. Menurut Nurdin hal itu akan semakin memperkuat wisata religi di Batam.

Menurut Nurdin, obrolan pagi itu semakin memperkuat membangun ukhuwah apalagi diawali dengan membangun masjid.

“Inilah pentingnya silaturahmi. Kita membangun ukhuwah, persaudaraan diawali dengan membangun masjid,” kata Nurdin. (bni)