Jumat, 26 April 2024

Anggota DPRD Batam Minta Pelebaran Jalan Jangan Terfokus di Pusat Kota

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam diminta melakukan pelebaran jalan merata. Pelebaran jalan tidak hanya terfokus di pusat kota. Wilayah mainland seperti Sagulung, Sei Beduk, dan Batuaji juga perlu diperbaiki infrastrukturnya.

“Masih banyak wilayah yang perlu diperbaiki infrastrukturnya. Termasuk di tiga wilayah ini belum tersentuh sampai saat ini,” kata anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Jeffry Simanjuntak, Minggu (1/4).

Ia meminta Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kota Batam, tidak hanya terfokus di satu daerah saja. Jika memang ada pelebaran jalan, politisi PKB tersebut meminta harus ada kajian secara umum, dan menyeluruh.

“Kita sepakat dengan pelebaran pemko. Tapi diwilayah seperti Sagulung, Batuaji, masih sering terjadi macet,” tuturnya.

Bapelitbang diminta memperhatikan dengan benar apa saja yang jadi rujukan prioritas yang dijadikan patokan pembangunan.

“Karena teknisnya ada dibapelitbang. Harusnya ada rujukan,” sesalnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Batam, Eki Kurniawan menilai, pelebaran jalan dari Muka Kuning-Batuaji sudah sangat mendesak. Apalagi setiap jam sibuk, jalan tersebut sudah menjadi langganan macet akibat tidak mampu lagi mengurai jumlah kendaraan.

“Pagi dan sore hari saat pertukaran shift karyawan, kawasan tersebut selalu macet,” katanya.

Ia berharap pemerintah tidak hanya melakukan pelebaran di pusat kota saja. Semua wilayah di Kota Batam yang menjadi titik kemacetan harus tersentuh. “Seharusnya sudah jadi prioritas. Coba lihat pagi hari, seperti apa kemacetannya,” imbuh Eki.

Sebuah alat berat dari Dinas Bina Marga Kota Batam sedang melakukan pembongkaran bangunan yang berada di tepi jalan kawasan Bengkong, Selasa (27/3). Pembongkaran tersebut untuk dilakukan pelebaran jalan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

 

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam juga sedang mengebut penyelesaian proyek pelebaran jalan di sejumlah titik di Batam. Beberapa poin yang digesa, di antaranya di Simpang BNI Sei Panas menuju Simpang Fly Over Laluan Madani, dari arah Planet Holiday ke The Hills, dan sejumlah titik lainnya.

“Itu sudah berjalan. Alat berat sudah kita kerahkan. Mudah-mudahan cuacanya mendukung,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur. (rng)

Update