Wabup Bintan Dalmasri Syam memotong tumpeng di HUT ASDP di Pelabuhan Tanjungpinang, Minggu (1/4). F. Slamet/batampos.co.id

batampos.co.id – Tahun ini, pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam akan menambah dua dermaga di Pelabuhan ASDP di Tanjunguban dan Telagapunggur Batam. Sehingga pelayanan dan konektivitas Batam dan Bintan serta kegiatan logistik makin cepat.

Iklan

“Ini nantinya akan menyokong kegiatan industri dan pariwisata di Kepri, dan khususnya Bintan dan Batam,” kata General Manager (GM) PT ASDP Cabang Batam Anis Adinizam saat melepas peserta senam sehat dan jalan santai dalam rangka HUT ke 45 ASDP di Pelabuhan ASDP Tanjunguban Bintan, Minggu, (1/4).

Selain itu, menurut dia, pembangunan dermaga dilakukan karena peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan di kedua daerah. “Sudah menjadi kebutuhan,” kata dia.
Di sisi lain, ia menyebut, dermaga pelabuhan yang ada saat ini sudah cukup lama usianya. Sehingga diperlukan perbaikan.

Ia berharap, perbaikan yang dilakukan tidak menganggu kegiatan sandar kapal dan keluar masuk penumpang dan kendaraan.”Hal ini sudah harus diantisipasi,” kata dia.

Dijelaskannya, saat ini DED dermaga sudah mencapai 80 persen. Ia berharap usai Hari Raya Idul Fitri sudah mulai dilakukan pengadaan barang dan jasa. “Kita berharap dermaga bisa selesai akhir tahun, supaya tahun depan bisa digunakan,” katanya.

Disinggung anggaran? Ia menyebut sudah diplot di pusat. Anggaran untuk pembangunan kedua dermaga berkisar Rp 24 miliar. “Kami ingin terus berbenah dan menjadikan pelabuhan yang modernisasi, tidak menakutkan, tapi nyaman untuk semua,” tukas dia.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam menyambut baik rencana pihak ASDP tersebut. Dengan adanya dua dermaga di pelabuhan ASDP, kelak kegiatan pelayanan makin cepat. Terlebih saat ini diakui dia, banyak wisatawan asal Batam dan daerah lainnya yang berlibur ke Bintan menggunakan jasa transportasi laut Kapal RoRo.

“Tak disangka ASDP sudah hampir 30 tahun di Kepri. Keberadaan kapal RoRo pun sudah membantu Bintan karena ikut memudahkan wisatawan ke objek wisata di Bintan,” ujarnya. (met)