batampos.co.id – Sebanyak 200 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Batam akan berpartisipasi dalam kegiatan Batam Menari yang diselenggarakan BP Batam pada 8 April mendatang. Mereka akan menjual produk-produk terbaiknya, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan dan lainnya.

Jika dilihat dari angka, jumlah pelaku UKM ini sedikit lebih banyak, dibanding kegiatan BP Batam sebelumnya. Saat itu panitia hanya bisa menampung sekitar 100-an UKM.

Pelaksana Tugas Kabiro Umum dan Sekretariat BP Batam yang juga panitia kegiatan Batam Menari, Ilham Eka Hartawan mengakui, antusiasme pelaku UKM yang ingin terlibat pada setiap even BP Batam terbilang tinggi. Terbukti pelaku UKM yang mendaftar lebih dari 200 orang. Begitupun dengan even kali ini.

“Kami minta maaf ada beberapa UKM yang tidak bisa diakomodir. Karena tenda yang kami siapkan hanya 200,” kata Ilham kepada wartawan, Jumat (30/3).

Salah satu cara untuk menyiasati antusiasme pelaku UKM ini, panitia kegiatan memberi kesempatan prioritas bagi pelaku UKM yang belum pernah ikut terlibat sebagai peserta. Sedangkan bagi yang sudah pernah ikut, diminta menunggu, dan akan dilibatkan lagi pada kegiatan berikutnya. Saat ini pendaftaran menjadi peserta UKM pada even Batam Menari sudah ditutup.

“Setiap kegiatan kami cari UKM yang baru, tidak UKM yang lama. Ini untuk kasih kesempatan kepada pelaku UKM yang lain,” ujarnya.

Diakui Ilham, pihaknya tidak memungut biaya sewa kepada pelaku UKM yang ikut meramaikan even BP Batam. Bahkan pihaknya menyediakan tenda untuk stand-stand UKM, beserta listriknya.

“Jadi mereka tinggal bawa dagangannya saja. Termasuk kursi, tempat meja dan tempat masak,” kata Ilham.

Dari kegiatan sebelumnya, rata-rata pelaku UKM merespon positif, mereka bisa ikut dilibatkan dalam even BP Batam. Dari sisi pendapatan, mereka juga mengaku untung.

“Pernah kami tanya, di kegiatan itu mereka bisa untung sampai 6 persen,” ujarnya.

Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, setiap kali BP Batam menggelar even, pihaknya akan berusaha melibatkan pelaku UKM. Dengan begitu diharapkan ada perputaran ekonomi di Batam.

“Ini juga untuk menumbuhkan produk UKM supaya bisa muncul ke permukaan. Jadi semacam pembinaan dari BP Batam kepada pelaku-pelaku UKM,” kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Kegiatan Batam Menari sendiri, ditargetkan bisa diikuti 16 ribu orang, bertempat di seputaran bundaran BP Batam. Selain sebagai pesta rakyat bagi masyarakat Batam, ditargetkan bisa meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). (leo)

Advertisement
loading...