Kamis, 25 April 2024

Berobat di RSUD Batam Tak Boleh Lama Lagi

Berita Terkait

Gedung RSUD Embung Fatimah, Batuaji.
Foto Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah mulai menerapkan langkah baru untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pasien dengan menerapkan pendaftaran elektronik. Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana mengatakan setiap pasien cukup mengirim pesan singkat atau SMS untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan.

“Pasien berobat tidak antre lama, jadi memudahkan sekaligus mempersingkat waktu,” ujar Ani Dewiyana, di Batam Centre, Senin (2/4).

Dia mengatakan saat ini pihaknya dan Dinas Kominfo tengah menyusun sistemnya. Segala persiapan sudah dilakukan sejak sebulan lalu dan ditargetkan terealisasi dalam waktu dekat ini.

“Mudah-mudahan minggu ini. Tinggal finishing,” katanya.

Selama ini 90 persen pasien RSUD Embung Fatimah merupakan pasien tanggungan BPJS Kesehatan. Sehingga dengan adanya sistem baru ini diharapkan pasien lebih mudah untuk mendapatkan pengobatan tanpa harus menunggu lama.

“Bagaimana pasien mudah untuk berobat, jangan sampai antrean banyak. Kami tambah tenaga supaya konter ditambah,” kata Ani.

Sementara Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam arahannya di apel pegawai Pemerintah Kota Batam mengatakan bahwa pelayanan publik nantinya harus daring (online) semua. Ia mengaku tidak ingin ada pelayanan yang sifatnya manual.

“Tapi masyarakat Batam sudah siap tidak. Mungkin belum semuanya. Maka nanti tetap ada petugas yang membantu salam proses pendaftarannya,” kata Rudi. (une)

Update