Sabtu, 20 April 2024

Wajib Pantau Kebersihan di Kota Lama

Berita Terkait

Raja Ariza. F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Pejabat (PJ) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza punya perhatian khusus terhadap kawasan Kota Lama Tanjungpinang. Ia menilai kawasan dari Jalan Merdeka sampai sekitaran Pelantar Dua kini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Sebab itu, Ariza mewajibkan kepada instansi terkait, seperti petugas dari Dinas Kebersihan dan Satpol PP semakin rutin memantau kondisi kebersihan di sana. “Jangan sampai lagi ada terlihat sampah berserakan di ruang publik. Itu pasti menganggu kenyamanan turis yang sedang berkunjung,” kata Ariza, kemarin.

Menurut Ariza, ada banyak peran yang bisa dimaksimalkan agar Tanjungpinang menjadi lebih nyaman. Di antaranya adalah turut membantu pelaksanaan dan penegakan Peraturan Daerah tentang Persampahan.

Bagi Ariza, perda ini adalah senjata ampuh dalam menggalakkan lingkungan kota yang bersih tanpa terkecuali. Satpol PP dan Dinas Kebersihan, dalam hal ini adalah rekan kerja yang harus bersinergi menegakkan perda persampahan.

Sebab itu, Ariza berharap ada pembagian teknis kerja yang rinci agar kedua instansi ini bisa berperan dengan maksimal.Seiring dengan itu, pengawasan di kawasan Gedung Gonggong area taman Laman Boenda juga tidak bisa ditinggalkan.

Ariza juga meminta kepada Satpol PP agar tidak cuma berjaga di pos, melainkan juga aktif berkeliling ke seantero kawasan di sana. Dengan begitu, segala jenis penyalahgunaan fasilitas publik bisa dicegah.

“Jangan lupa, perlu santun dalam bertugas. Tegas bukan berarti kasar, sapa dan tegur masyarakat dengan sopan, tunjukkan kewibawaan dan disiplin sebagai pamong praja,”
pungkas Ariza. (aya)

Update