Astaka MTQ Kabupaten Karimun berbentuk tepak sirih. F. Imam Soekarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Astaka MTQ Kabupaten Karimumtq kan ke X yang berlangsung di lapangan sepakbola Alai Kecamatan Ungar bertemakan tepak sirih. Dijadwalkan gubernur Kepri Nurdin Basirun akan membuka secara resmi kegiatan MTQ, Rabu (4/4) malam ini.

Iklan

Untung Sartono, penaggungjawab pembangunan astaka menuturkan, tema astaka MTQ tahun ini tepak sirih. Dijelaskan tepak sirih sebagai simbol, dan budaya masyarakat Melayu. Ukuran astaka panjang 32 meter, dan lebar 16 meter dengan dua menara ukuran besar dan tiga kubah ukuran sedang.

“Pengarjaan astaka sudah selesai. Hari ini (Selasa, red), tinggal melengkapi beberapa bagian kecil saja. Insya Allah sudah siap gunakan untuk pelaknaan MTQ yang dimulai hari ini (Rabu, red),” terang pria yang akrab dipanggil Ono ini.

Dikatakan, proses pembuatan astaka memakan waktu selama 25 hari, dan dikerjakan 15 orang. Pengerjaan astaka dilakukan siang hingga malam hari.

Sementara Anjitrisno salah satu panitia penjemput tamu mengatakan kafilah ada 12 kecamatan. Hari ini sudah ada beberapa kafilah yang mulai datang selanjutnya dijemput menggunakan bus menuju penginapan. Sebagian kafilah akan menyusul besok siang yang akan mengikuti pawai taaruf Rabu sore.

“Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ Karimun ke X yang berlangsung di Kecamatan Ungar,” kata Anjitrisno. (ims)