Jumat, 19 April 2024

Dinkes Pantau Penarikan Sarden

Berita Terkait

batampos.co.id – Proses penarikan produk ikan kaleng berparasit cacing dari sejumlah swalayan di Tanjungpinang didampingi dan dipantau langsung oleh Dinas Kesehatan. Hal ini agar prosesnya berlangsung lancar dan sesuai mengikuti 27 daftar produk yang harus ditarik sesuai ketentuan rekomendasi dari BPOM.

“Kami langsung awasi prosesnya. Dari kemarin dan hari ini masih berlanjut,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Tanjungpinang, Rustam, Selasa (4/3).

Proses pendampingan dan pengawasan ini, sambung Rustam, merupakan bagiaan dari upaya yang dilakukan Dinkes agar memastikan produk sarden yang beredar di kalangan masyarakat Tanjungpinang layak dikonsumsi. Dan sejauh ini, kata Rustam, proses penarikan berlangsung lancar dan jauh dari kendala.

Alhamdulillah pihak swalayan sudah memahami terkait edaran 27 merk dari BPOM itu, sehingga mereka sangat kooperatif,” ujar Rustam.

Sejumlah produk sarden yang sudah diturunkan dari rak pajangan jualan itu kini sudah dikemas untuk kemudian dikembalikan pada masing-masing distributornya. Sementara yang di luar daftar 27 merk itu masih bisa didapati sampai sekarang.

“Besok akan kami lakukan kembali pengawasan. Intinya kami sangat proaktif dalam memantau peredaran sarden, dan pihak penjual juga sangat mudah diajak bekerja sama. Ini membantu kami,” pungkasnya.(aya)

Update