Kamis, 25 April 2024

Pemkab Gelar Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah

Berita Terkait

Gelar Apel Antisipasi Kejadian Bencana

Ganjar Tegaskan Akan jadi Oposisi

batampos.co.id – Pemerintah daerah menggelar ujian dinas penyesuaian ijazah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. Ujian ini bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kanreg Pekanbaru dihotel Tren Central Ranai, Selasa (3/4).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Hardinansyah mengatakan, ujian dinas penyesuaian ijazah adalah satu wujud pengembangan karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam penguasaan bidang tugas dan kompetensi, serta pengetahuan yang disesuaikan dengan perubahan paradigma pelayanan.

Ujian dinas kesetaraan ijazah tersebut dihadiri oleh Tim Penguji dari BKN Jakarta dan Pekanbaru, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan peserta Ujian Dinas.

Ujian dinas ini katanya, salah satu indikator mengukur tingkat kompetensi PNS. Melalui ujian dinas penyesuaian ijazah dengan materi yang akan dituangkan diantaranya adalah kemampuan terkait analisis rencana pembangunan jangka menengah. Baik di tingkat nasional maupun daerah, dan penerapan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Materi ujian dinas kesetaraan ijazah ini juga menyangkut pengetahuan tentang kepegawaian, bahasa inggris dan beberapa materi lainnya yang mempengaruhi produktifitas PNS dalam pelaksanan tugas,” kata Hardinansyah.

Pemerintah daerah katanya, mengharapkan kepada seluruh peserta ujian agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius bagi menunjukkan kemampuan dan kepantasan bagi menyesuaikan ijazah yang dimiliki.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Natuna, Ewita Yuda mengatakan, kegiatan ujian dinas untuk meningkatkan profesionalisme dan menciptakan PNS yang memiliki keahlian dan kompetensi yang akan menunjang berbagai aktifitas kedinasan sesuai kebutuhan OPD.

Ewita merinci, ujian dinas dilaksanakan selama dua hari diikuti tingkat I sebanyak 24 orang, Ujian Tingkat II sebanyak 8 orang, peserta Ujian Penyesuaian Ijazah S1 sebanyak 16 orang serta Peserta Penyesuaian Ijazah SMA sebanyak 2 orang.(arn)

Update