Sabtu, 20 April 2024

8.450 Paket Bantuan Kemensos untuk Warga Miskin

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Sosial RI telah mengalokasikan sebanyak 8.450 paket bantuan bagi warga miskin di Tanjungpinang. Bantuan yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat tahun ini akan diserahkan kepada mereka yang berhak sesuai dengan kualifikasi yang diatur dalam Permensos Nomor 28 tahun 2017.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Pemko Tanjungpinang Agustiawarman mengatakan pihaknya akan memvalidasi warga fakir miskin dan orang tidak mampu yang ada di Tanjungpinang.

“Kami akan verifikasi dan validasi dari Basis Data Terpadu (BDT) yang sudah ada. Sebab, saat ini sudah banyak terjadi perubahan data, seperti meninggal dunia, pindah rumah dan sebagainya,” terang Agustiawarman, kemarin.

Merujuk aturan yang ada, sambung Agustiawarman, pemerintah daerah tidak punya wewenang mengubah BDT yang sudah ada. Namun, berhak mangajukan usulan kepada Kemensos RI. Kendati begitu, Agustiawarman dan timnya akan bekerja maksimal agar bantuan yang dialokasikan ini dapat tepat sasaran.

Pihak dari kecamatan dan kelurahan, sambung dia, akan sangat dibutuhkan untuk menunaikan kerja verifikasi dan validasi ini. Bila tidak ada halangan, rencananya kerja ini akan dilaksanakan dua kali dalam tahun ini. “Di bulan Mei dan November. Tujuannya supaya penerima bantuan baik dari Program Kementerian Sosial RI atau Pemda dapat disalurkan tepat sasaran,” tegas Agustiawarman.

Dalam waktu dekat ini, sambung dia, akan dilaksanakan pelatihan bagi petugas untuk mendata utusan dari setiap kelurahan se-Kota Tanjungpinang agar pelaksanaan saat di lapangan tidak ada kendala dan sudah memahami sistem dan aturan yang berlaku.

Agustiawarman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mendukung para petugas penginput data dengan memberikan data sebenarnya agar data yang di input ke aplikasi Kemensos dapat terdata dengan baik dan segera mendapat keputusan terkait masyarakat yang berhak menerima bantuan dan masuk di Basis Data Terpadu (BDT) Pemerintah Kota Tanjungpinang.(aya)

Update