Sabtu, 20 April 2024

Disiplin Pegawai Meningkat 90 Persen

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengklaim, kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun hingga saat ini kedisiplinan pegawai terjadi peningkatan 90 persen. Hal tersebut, bisa dibuktikan dari kehadiran maupun apel pagi dan sore.

Alhamdulillah, ada perubahan setelah tiga bulan ini. Kesadaran, tugas dan fungsi dari seorang ASN maupun honorer sudah dipahami,” kata orang nomor dua di kabupaten Karimun ini, kemarin (4/4).

Terjadinya perubahan terhadap kehadiran para ASN maupun honorer, tidak hanya di atas kertas saja melainkan dengan bukti riil melalui pengawasan dimasing-masing OPD yang dilaporkan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Kalau dibandingkan pada tahun 2017, dengan tahun ini tidak berbeda jauh dalam kedisiplinan pegawai. Artinya, waktu dulu ada pegawai yang malas masuk kantor maupun telat namun sekarang sudah kembali seperti semula kayak pegawai baru diangkat.

“Keberhasilan ini, diakibatkan meningkatan pengawasan disetiap OPD termasuk sanksi sesuai dengan Perbup 2018,” ujarnya.

Sedangkan, sangsi bagi pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan, masuk setengah hari dan sebagainya sudah ada di dalam Perbup 2018. Sehingga, tinggal tergantung para pegawai itu sendiri apakah serius mau bekerja atau tidak. Semua terpulang kepada individu masing-masing, untuk bekerja sebagai ASN yang dahulunya sudah bersumpah saat diangkat menjadi ASN. Pengawasan itu diantaranya penggunaan fingerprint disetiap OPD. (tri)

Update