Petugas Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Anambas memperlihatkan surat keterangan (suket) yang berfungsi layaknya e-KTP. F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas berupaya bekerja secara optimal. Dalam satu minggu atau lima hari kerja, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut bisa mengurus 100 Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte kelahiran, Kartu Keluarga dan masih banyak lainnya.

Kepala Disdukcapil KKA Agus Basir mengatakan, penduduk dari usia 18 tahun ke atas Pemerintah Republik Indonesia menetapkan hingga 2025 semua sudah memiliki identitas yang lengkap. Di Anambas sendiri jumlah penduduknya terhitung bulan Maret 2018 berjumlah 45.254 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut Disdukcapil sudah menyelesaikan percetakan KTP sekitar 60 persen.

Menurutnya, pembuatan KTP secara prinsipnya tidak ada. Tapi sistem pengiriman di unit percetakan perekaman dan pengiriman data ke pemerintah pusat saja yang mengalami gangguan. “Hanya itu saja,” kata Agus Basir, Rabu (4/4).

Menurutnya, jika masyarakat ingin mendapatkan pelayanan terkait perubahan data di KTP seperti foto atau tulisan yang ada dikarenakan mengalami kerusakan maka akan mendapatkan pelayanan cepat dan tidak perlu lagi melakukan perubahan di sistem aplikasi, sebab nomor KTP-nya sudah ada. “Tentu semua berkas pengajuan harus dilalui sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku,” ungkapnya lagi.

Untuk surat keterangan (Suket) pengganti KTP, untuk sementara dan berlaku selama enam bulan. Meski hanya surat keterangan, tapi fungsinya tetap sama dengan KTP. Bisa digunakan untuk apa saja seperti digunakan kepentingan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bahkan berlaku untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti. “Surket ini sah, bisa,” jelasnya.

Di Anambas, suket di desain kecil seperti KTP, itu bertujuan mempermudah bagi warga menyimpan di dalam dompetnya. Ia menyakinkan bahwa suket tersebut tidak mudah dipalsukan sebab menerbitkan suket menggunakan sistem aplikasi juga dan nomor codenya juga ada di masing-masing suket. (sya)

Advertisement
loading...