Sabtu, 20 April 2024

TMMD Percepat Pembangunan Fisik Pedesaan

Berita Terkait

Gubernur Kepri Murdin Basirun menyerahkan peralatan kerja kepada anggota TNI dan masyarakat usai membuka program TMMD ke 101 di kecamatan Kundur Senin 4/4 kemarin

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun, secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 yang dilaksanakan di stadion mini Kelurahan Tanjungbatu, Kecataman Kundur, Rabu (4/4) kemarin.

Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kerja seperti cangkul, dan skop oleh gubernur, dan diterima dari utusan masyarakat serta anggota TNI. Kegiatan TMMD dipusatkan di Kelurahan Tanjungbatu Barat, dengan pembangunan fisik yakni semenisasi jalan panjang 1.670 meter lebar 6 meter tembus Desa Lubuk Kecamatan Kundur.

Nurdin menegaskan, TMMD merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan fisik maupun non fisik bagi masyarakat pedesaan. Selain itu, melalui program TMMD merupakan sinergitas pembangunan yang dilakukan TNI dapat dirasakan langsung masyarakat. Baik pembangunan secara fisik maupun non fisik. Dengan terselenggaranya program TMMD ini, sangat membantu pemerintah dalam membangun karakter, dan kemandirian warga masyarakat.

“Sesuai tema TMMD ke 101 tahun ini yakni TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa. Untuk di Provinsi Kepulauan Riau, TNI sangat dekat dengan masyarakat. Dengan kedekatan tersebut, tentunya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat,” tegas Nurdin.

Ditambahkan program TMMD merupakan kegiatan yang membantu program pemerintah, sekaligus guna memupuk dan memberikan pemahaman terhadap ideologi bangsa kepada generasi muda. Tidak dapat dipungkiri, karena generasi muda saat ini banyak tidak memahami sejarah, sehingga mudahnya terpengaruh dengan budaya luar.
“Ini juga menjadi salah satu sarana untuk memberikan pemahaman tentang ideologi bangsa kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie SH MTr sebagai Komandan Upacara melaporkan jika program TMMD ke 101 di Kundur dilaksanakan dari tanggal 4 April hingga 3 Mei mendatang. Sasaran kegiatan fisik semenisasi jalan, pembuatan satu unit jembatan, pembuatan satu unit wiker. Selain itu, sasaran non fisik yang dilakukan wisata bela negara matematika, penyuluhan tentang pemahaman radikalisme dan terorisme, penyuluhan tentang hukum, dan penyuluhan tentang bahaya narkoba, serta penyuluhan tentang kebangsaan.

Selain itu, masih ada kegiatan olahraga bersama, pentas seni dna budaya, sosialisasi perekrutan prajurit TNI AD Kodim 017/TBK. Serta TNI KB kesehatan, penyuluhan bekerjsama dengan dinas kesehatan.

“Program TMMD ke 101 melibatkan personil 340 orang terdiri dari TNI, Polri mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat. Kegiatan ini didukung dengan dana dari Mabes TNI sebesar Rp360 juta serta bantuan dari APBD pemerintah kabupaten Karimun sebesar Rp2,3 miliar,” tegas Letkol Arm Rizal Analdie. (ims)

Update