Wakil Gubernur Kepri Isdianto bersalaman dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kepri di Haris Hotel, Batam, Rabu (4/4). F, Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Isdianto mengatakan peranan industri pariwisata cukup penting dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pemprov sangat mengapresiasi kegiatan insan pariwisata sebagai bentuk pengembangan kepariwisataan di Kepri.

“Saat ini pramuwisata dinilai sebagai salah satu pemeran dalam keberhasilan pembangunan pariwisata di daerah, tetapi mereka perlu melakukan penguatan secara kelembagaan,” kata Isdianto saat pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kepri 2017-2022 di Haris Hotel, Batam, Rabu (4/4) malam.

Menurut Isdianto, industri pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat mewujudkan kemakmuran masyarakat. HPI diharapkan tidak hanya menaungi para

anggotanya melainkan dapat menjadi wadah untuk mempromosikan Kepri sebagai sa­lah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi. Apalagi daerah ini memiliki berbagai obyek dan daya tarik wisata.

Isdianto mengatakan, keberhasilan pembangunan tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama pemangku kepentingan. Banyak langkah yang harus diambil dalam mewujudkan keberhasilan pem­bangunan kepariwisataan di Kepri. “Pemberdayaan pramuwisata adalah salah satunya,” kata Isdianto.

Wagub minta pramuwisata juga pro aktif dalam men­gem­bangkan kapasitasnya, baik dalam kemampuan berbahasa, peningkatan wawasan maupun penampilan dirinya sebagai cermin dari budaya setempat. Dia berharap HPI terus berkiprah secara nyata dan memberikan kontribusi positif bagi industri pariwisata di Kepri.

“Bersinergilah dengan berbagai elemen dan pegiat pariwisata untuk memajukan pariwisata di Kepri, sehingga makin terkenal baik dalam skala nasional maupun international,” kata Isdianto.

Menurut Isdianto, Kepri yang sangat strategis juga menjadi nilai lebih dan modal utama bagi siapa saja yang ingin men­gembangkan pariwisata. Banyak objek yang bisa dikembangkan seperti potensi pariwisata bahari, wisata religi,wisata budaya, dan wisata kuliner.

Ketua Umum DPP HPI Sang Putu Subaha mengatakan HPI atau atau Indonesia Tourist Guide Associatian (ITGA) merupakan asosiasi profesi tempat berkumpulnya para pramuwisata yang bekerja dalam bidang kepariwisataan. Mereka juga membantu pemerintah untuk memberikan informasi-informasi mengenai potensi wisata suatu daerah kepada setiap wisatawan.

Kehadiran HPI kata Putu Subaya bertujuan meng himpun, mem­persa­tukan, meningkatkan, dan membina persatuan seluruh pramuwisata di Indonesia. Hal ini agar lebih berdayaguna dan berhasil dalam pengembangan dan pelestarian kepariwisataan Indonesia. Mereka juga terus berupaya melaksanakan dan mengsukseskan pembagunan kepariwisataan bersama pihak pemerintah atau pun swasta.(bni)

Advertisement
loading...