Sabtu, 20 April 2024

Gubernur Kepri Ingin KEK Tanjungsauh Dipercepat

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah terus mempercepat pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus di beberapa wilayah di Kepri. Di antara titik KEK yang akan segera dibangun adalah KEK Tanjungsauh di Batam.

“Percepatan menjadikan Tanjungsauh sebagai KEK terus digesa,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun usai menghadiri rapat pembahasan pembentukan KEK di wilayah Kepri di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/4) malam.

Rapat tersebut juga dihadiri Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Menurut Gubernur, semua pihak punya persepsi yang sama agar KEK Tanjungsauh segera terwujud.
Sambil menyiapkan segara sarana dan infrastruktur pendukunganya, berbagai payung hukum untuk menguatkan KEK juga dibahas. Nurdin menambahkan, terwujudnya KEK diyakini akan semakin menarik minat investor untuk berinvestasi di Kepri.

Posisi Tanjungsauh yang sangat strategis di jalur pelayaran dunia dan bersilangan di segitiga Indonesia, Singapura, dan Malaysia, kata Nurdin, harus memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi negeri ini. Posisi strategis itu harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat.

“Yang jelas sudah banyak kesepahaman untuk mempercepat perwujudan KEK,” kata Nurdin lagi.

Menurut Nurdin, dengan banyaknya KEK, diharapkan investasi yang masuk semakin gencar. Sehingga ekonomi Kepri akan tumbuh dengan pesat.

Apalagi sejak akhir Februari lalu, sejumlah proyek strategis di Kepri telah mendapat restu Presiden Joko Widodo agar secepatnya berjalan. Proyek-proyek itu antara lain pembangunan Jembatan Batam Bintan,KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, pengembangan Pelabuhan Batuampar, pengembangan dan modernisasi Bandara Hang Nadim, dan pembangunan Batam Light Rapid Transit (LRT).

“Kita ingin semuanya cepat terwujud. Biar Kepri semakin maju dan semakin sejahtera,” kata Nurdin.

(leo)

Update