Gubernur Kepri Nurdin Basirun memukul beduk dimulainya MTQ X Kabupaten Karimun di Pulau Kundur, Rabu (4/4). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa Alquran menjadi elemen yang sangat penting dan tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Apalagi dalam membangun negeri supaya diberkahi Allah.

Iklan

“Jadikan Alquran sebagai na­un­gan, Insya Allah negeri akan berkah,” ujar Nurdin saat membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X Kabupaten Karimun, di Kecamatan Ungar, Rabu (4/4) malam.

Pembukaan ditandai pemukulan beduk sebanyak lima kali oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Ia didampingi Bupati dan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim, serta jajaran FKPD dan OPD lainnya.

Menurut Nurdin, pemahaman terkait Alquran tidak akan pernah berhenti selama nafas kehidupan di dunia masih ada. Karena Alquran menjadi pedoman hidup serta naun­gan untuk akhirat. Pemahaman yang konsisten terhadap Alquran menjadi pencegah beragam ke­giatan negatif yang dapat merusak generasi muda Kepri.

“Alquran tameng dari segala hal yang dapat merusak generasi muda, baik secara akhlak maupun moral.”

Nurdin senang, antusias masyarakat sangat tinggi ketika perhelatan MTQ dilakukan. Itu terlihat ketika pembukaan MTQ yang dipadati masyarakat.

“Ini merupakan bentuk kekompakan di tengah-tengah masyarakat, kita ingin menikmati kegiatan yang bermanfaat bukan hanya untuk diri pribadi namun untuk bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di seluruh daerah. Di Karimun sendiri sudah 20 tahun MTQ digelar.

Selain merupakan tahapan seleksi untuk ke tingkat selanjutnya (MTQ Provinsi, red) juga sebagai ladang pembinaan generasi muda qurani. “Generasi mudalah sebagai penerus dalam mensyiarkan Alquran untuk generasi selanjutnya,” kata Aunur.

Pada perhelatan MTQ sendiri sebanyak 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun dengan total peserta sebanyak 349 orang akan ikut andil dalam tujuh cabang perlombaan yang berlangsung selama lima hari pada 4-8 April 2018 bertempat di Lapangan Sepakbola Beran, Kecamatan Ungar.

MTQ X ini mengusung tema: “Melalui MTQ X Kabupaten Karimun kita wujudkan generasi qur’ani yang cerdas agamis dan berakhlak mulia”.

Sekda Kabupaten Karimun M Firmansyah dalam laporannya mengatakan perhelatan MTQ ini agar dijadikan acuan dalam menambah nilai-nilai positif dalam kehidupan.
“Dengan perhelatan MTQ ini semoga isi kandungan dari Alquran dapat terimplementasi dalam kehidupan,” ujar Firmansyah.

Hadir pada kesempatan tersebut staf ahli gubernur Syamsuardi, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, istri Wakil Gubernur Kepri Rosmeri Isdianto, anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Karimun Raja Bahtiar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Lukman, FKPD dan OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta tamu undangan lainnya dari berbagai kalangan.(bni)