Hari terakhir peserta UNBK di salah satu sekolah SMK Yaspika. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Selama empat hari pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Karimun, berjalan lancar. Tidak ada kendala, baik itu jaringan internet maupun listrik.

Iklan

Alhamdulillah, tidak ada kendala selama UNBK. Walaupun, keterbatasan komputer tapi para peserta UNBK di empat sekolah. Baik di Karimun maupun di Kundur,” kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim, kemarin (5/4).

Dimana, peserta didik yang mengikuti UNBK ada 923 pelajar dari 4 Sekolah Menengah Kejuruan yaitu SMK Vidya Sasana, SMK Yaspika, SMK Widya dan SMK Budi Mulia Kundur. Dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan bidang studi kejuruan.

“Waktunya menjawab soal melalui komputer 120 menit. Yang penting, pelajar mengisi biodata harus lengkap,” ungkapnya.

Sedangkan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negari maupun Swasta dan Madrasyah Aliyah (MA) akan dilaksanakan pada hari Senin (9/4) depan dengan jumlah peserta yang ikut 2559 pelajar se Kabupaten Karimun.

“Selanjutnya, tinggal pelaksanaan UN dengan berbasis Ujian Nasional Kertas Pencil (UNKP). Mudah-mudahan, bisa diikuti oleh para pelajar kita nanti,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Yaspika Umar Sum mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak PLN maupun Telkom selama pelaksanaan UNBK. Dimana, jumlah pelajar yang mengikuti UNBK sebanyak 122 pelajar yang terbagi dalam dua jurusan yaitu jurusan akutansi dan pemasaran.

“Saya bersyukurlah berjalan lancar UNBK. Tinggal, tingkat SMP nanti akan dilaksanakan disini juga UNBK,” singkatnya.

Pantauan di lapangan, para pelajar dengan serius mengisi lembar jawaban dimasing-masing komputer. (tri)