Ponton pelabuhan yang lepas tak kunjung diperbaiki, Kamis (5/4). F. Istimewa

batampos.co.id – Ponton di depan SMP Negeri Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, kemarin (5/4) terlihat ram door atau papan plat besi yang menghubungkan ke dermaga lepas. Hal ini menyebabkan aktivitas kapal-kapal yang akan beresandar untuk menurunkan penumpang di sana.

Iklan

”Setahu saya, ponton itu lepas sejak Rabu (4/4) malam. Apalagi, malam itu angin cukup kencang, sehingga, ponton terombang-ambing kena gelombang dan menyebabkan papan plat besi yang menghubungkan ke dermaga lepas. Dan, tadi pagi ketika saya naik kapal dari Buru Kota ke Tanjungbalai, kondisi ponton tidak bergerak dan masih ada di sekitar pelabuhan belum diperbaiki,” ujar Aben, salah seorang warga Kecamatan Buru kepada Batam Pos.

Kapolsek Buru, Iptu Bakri secara terpisah menyebutkan, tidak ada korban dalam peristiwa lepasnya ponton dari dermaga yang ada di depan SMP Negeri Kelrahan Buru tersebut. ”Memang, aktivitas kapal-kapal yang akan bersandar akan terganggu. Namun, beberapa puluh meter dari ponton yang mengalami kerusakan ini ada pelabuhan lain. Yakni, pelabuhan Kandis,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Fajar Horizon menyebutkan, memang pelabuhan tersebut menjadi tanggungjawab pihaknya untuk melakukan perawatan. ”Kita sedang menunggu tongkang yang membawa peralatan, salah satunya kren. Karena, tanpa menggunakan kren, maka tidak mungkin dapat melakukan perbaikan ponton tersebut. Sebab, kondisinya sangat berat, papan plat yang lepas dari dermaga terbuat dari besi,” jelasnya.

Penyebab lepasnya ponton tersebut, kata Fajar, belum dapat dipastikan. Ada kemungkinan baut yang mengikat untuk menghubungkan ke dermaga sudah berkarat. Ditambah lagi sering terombang ambil oleh gelombang air laut. Meski demikian, kegiatan sandar kapal penumpang tidak terganggu. Sebab, selain jarang ada kapal yang singgah atau tergantung ada atau tidak penumpang yang akan turun di pelabuhan tersebut. Selain itu, ada beberapa pelabuhan yang juga tidak jauh dari ponton yang lepas tersebut. (san)