Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Kepri Isdianto dan Kajati Kepri Asri Agung Putro menanam pohon di wilayah Dompak, Tanjungpinang, Jumat (6/4). Kegiatan ini bersempena HAri Air Sedunia ke-26. F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Sempena peringatan Hari Air Sedunia ke-26 tahun 2018, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Isdianto, dan Kajati Kepri Asri Agung Putra memimpin penanaman 1.000 pohon di kawasan Dompak, Tanjungpinang, Jumat (6/4). Dompak dipilih menjadikan kawasan hijau dengan pem­bangunan yang ramah ling­kungan. Ini sesuai dengan misi pembangunan Kepri.

Gubernur mengatakan, pemerintah akan terus menggesa pembangunan di daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ketersediaan infrastruktur yang memadai juga harus didukung dengan lingkungan yang baik. Di mana kawasan Dompak salah sa­tu yang diperhatikan pembangunannya.

“Dompak akan kita jadikan ikonnya provinsi. Ini akan kita kembangkan secara terpadu. Kita segera membentuk badan khusus untuk pengembangkan Dompak ini,” kata gubernur.

Yang terpenting, ka­ta Nurdin, kesadaran masyarakat harus terus ditingkatkan dalam menjaga hasil pembangunan yang sudah di­lakukan oleh pemerintah.
Di kesempatan yang sama, Kajati Kepri Asri Agung Putra mengatakan, salah satu bentuk untuk menambah rasio air bersih di bumi dengan melakukan penghijauan secara terus-menerus.

“Penanaman pohon adalah upaya kita dalam menjaga ketersediaan air di bumi ini. Air ini kebutuhan vital, dan tanpa air akan menjadi fatal,” kata Asri.
Asri melanjutkan, dipilihnya Pulau Dompak untuk acara peringatan Hari Air Sedunia 2018 menurutnya sangat tepat.

Karena Dompak sebagai kawasan yang akan direvitalisasi sebagai ikon ibu kota. Salah satu unsur utamanya adalah ketersediaan air bersih. “Posisi kami adalah ikut berperan dan bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan di daerah,” lanjut Asri.

Senada dengan Asri, Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) Irfandi Gustari mengatakan bahwa pihaknya ikut andil dalam acara ini sebagai bentuk kerja sama bersama pemerintah daerah.

Irfandi menjelaskan, terkait progres keuangan dari BRK, ia optimis kekuatan ekonomi Kepri akan terus menanjak seiring berjalannya waktu. “Akhir tahun insya Allah di Tanjungpinang akan dibuka cabang bank baru yakni Bank Syariah Kepri Riau,” lanjut Irfandi.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Abu Bakar menjelaskan penanaman pohon tersebut merupakan upaya pemerintah untuk terus menghijaukan Pulau Dompak. “Penanaman akan terus berlanjut setiap 4 sampai 6 bulan,” kata Abu.

Ia melanjutkan bahwa bagian Pulau Dompak yang masih banyak tanah merah dan gersang akan segera dihijaukan. “Pak Gubernur terus mendorong penghijauan tersebut, kita bentuk UPTD khusus mengurus Pulau Dompak agar lebih fokus,” lanjut Abu.

Hadir pada penanaman pohon tersebut Sekretaris Daerah TS. Arif Fadilah, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Asisten serta sejumlah Kepala OPD, Ketua DWP Provinsi Kepri Rismarini Arif Fadillah, Ketua Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sumatera Ismail Widadi beserta tamu undangan lainnya.(bni)

Advertisement
loading...