Iklan
BELASAN Mahasiswa STIE Cakrawala Karimun foto bersama dengan masyarakat pelaku kelompok usaha bersama usai memberikan pelatihan pada program KKN di Kandes Pulau Buru, Minggu (8/4). F. Dokumentasi Mahasiswa STIE Cakrawala untuk Batam Pos

batampos.co.id – Mahasiswa angkatan VI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cakrawala Karimun menggelar kuliah kerja nyata (KKN) di Kampung Kandes Kelurahan Buru selama tujuh hari.

Ketua KKN STIE Cakrawala Karimun, Adi Bastian mengatakan, ada 14 mahasiswa yang ikut KKN di Kandes. Selama KKN, berbagai kegiatan sosial ke masyarakat digelar mulai dari sosialisasi keberadaan STIE Cakrawala hingga gotong royong.

Selama KKN, belasan mahasiswa semester VIII ini tinggal di rumah warga. Mereka langsung berbaur dengan warga melihat langsung aktivitas kesehariannya.
”Kegiatan yang dilakukan mulai sosialisasi tentang kepemimpinan dan pelatihan kewirausahaan kepada para pelaku kelompok usaha bersama (KUBE) yang rata-rata kaum perempuan. Kemudian memberikan motivasi ke para pelajar agar terus menuntut ilmu setinggi-tingginya,” ujar Adi, Minggu (8/4).

Belasan mahasiswa ini juga memberikan masukan program pembangunan ke pihak kelurahan dan kecamatan di Pulau Buru. Intinya hasil dari KKN nanti sebisa mungkin dapat dirasakan oleh masyarakat setempat.

Belasan mahasiswa yang ikut KKN ini terdiri dari dua jurusan atau fakultas yakni manajemen dan akutansi. ”Di sinilah tantangan bagi mahasiswa bagaimana menerapkan disiplin ilmu yang sekaligus memberikan pencerahan ke masyarakat,” terangnya.

Salah satu tokoh masyarkaat Kandes, Ismail mengapresiasi kegiatan KKN mahasiswa STIE Cakrawala di kampungnya. ”Setelah ada KKN ini, masyarakat mendapatkan pengetahuan dan wawasan tambahan lagi dari mahasiswa. Terutama bagi para pelaku usaha rumahan yang memberikan informasi dan manajemen pengelolaan wirausaha,” terang Ismail.

Kegiatan KKN ini bertujuan untuk melatih kemandirian mahasiswa, kepekaan sosial mahasiswa terhadap kehidupan masyarakat bawah. (tri)

Advertisement
loading...