Bupati Bintan, Apri Sujadi panen perdana budidaya ikan di Kampung Tanah Merah Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Bintan. F. Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Tahun 2018, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Bintan akan menyerahkan bantuan 23 ribu bibit ikan kerapu macan jenis cantang dan pakannya sebesar Rp 705 juta. Bantuan budidaya ikan tersebut akan diberikan kepada kelompok budidaya ikan di empat Kecamatan.

Iklan

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, program bantuan tersebut untuk merangsang minat kelompok budidaya ikan di Kabupaten Bintan. ”Anggarannya dari APBD Bintan tahun ini,” ujarnya.

Kepala DKP Pemkab Bintan Fachrimsyah mengatakan, 23 ribu bibit kerapu macan kertang akan diserahkan kepada kelompok budidaya ikan laut yang berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Tambelan, Teluk Bintan, Bintan Pesisir dan, Mantang.

Menurut Fachrimsyah, empat kecamatan tersebut dinilai cocok untuk pengembangan kerapu macan. Dikatakan Fachrimsyah, tidak hanya bantuan bibit ikan, pihaknya juga akan memberikan bantuan pakan buatan atau pelet ikan laut dan obat-obatannya.

Untuk anggarannya, DKP Kabupaten Bintan telah menganggarkan bantuan 23 ribu bibit kerapu jenis macan kertang bagi kelompok budidaya ikan laut yang berada di empat kecamatan tersebut sebesar Rp 552 juta.

Selain menyerahkan bantuan bibit ikan, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan pakan buatan atau pelet ikan laut dan obat-obatan dengan nilai sekitar Rp 153 juta.(met)