Wabub Natuna Ngesti Yuni Suprapti meninjau UNBK di SMAN 1 Bunguran Timur Natuna. F. Aulia Rahman/batampos.co.id

batampos.co.id – Kadisdikpora Natuna Suherman mengatakan, pemerintah daerah menargetkan penambahan sekolah yang melaksanakan UNBK pada 2019 mendatang untuk tingkat SMP sederajat.

Tahun ini, katanya, baru SMPN 1 melaksanakan UNBK. Tahun 2019 mendatang ditargetkan SMPN 2 dapat melaksanakan UNBK. Mewujudkan ini, pemerintah daerah akan berupaya melengkapi sarana laboratorium komputer di sekolah.

“Dinas Pendidikan mendorong kelengkapan fasilitas melalui keuangan daerah dan program CSR,” kata Suherman, Senin (9/4)

Hal yang sama disampaikan Kadiskominfo Pemkab Natuna Raja Darmika. Menurutnya, pemerintah akan menempuh berbagai upaya untuk menyeragamkan pelaksanaan UN di Natuna dengan sistem UNBK.

Salah satu upaya untuk mewujudkan keinginan ini, pihaknya berusaha menggandeng perusahaan yang beroperasi di Natuna melalui dana corporate social responsibility (CSR).
“Kita akan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan migas, telekomunikasi maupun BUMN,” kata Raja.

Menurutnya, kendala pelaksanaan UNBK di Natuna secara umum disebabkan dua faktor. Pertama, sarana komputer yang belum lengkap. Kedua, jaringan internet yang belum merata.

Kedua faktor ini makin sulit diselesaikan karena Pemkab Natuna karena kewenangan ada pada pengelolaan pendidikan SLTA, yakni Provinsi Kepri.

“Kami tidak bisa menganggarkannya untuk SMA sederajat. Makanya kami berinisatif membantu realisasinya melalui CSR. Nanti kami klasifikasikan, apakah mereka perlu komputer atau jaringan internet saja” jelasnya. (arn)

Advertisement
loading...