Dua pesawat berbadan kecil mendarat di Bandara Letung, beberapa waktu lalu. Saat ini, runway bandara tersebut diperpanjang agar bisa didarati pesawat berbadan lebar. F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Peresmian Bandara Letung menunggu perpanjangan runway dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter selesai. Perpanjangan runway dilaksanakan 2018. Jika selesai, maka 2019 sudah dapat diresmikan.

Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan menjelaskan, perpanjangan ini perlu dilakukan karena runway saat ini belum bisa didarati pesawat berbadan besar. Yang bisa landing hanya pesawat kecil seperti pesawat perintis Susi Air dengan kapasitas belasan penumpang saja.

Menurutnya, bandara ini rencananya diresmikan Presiden. Jika dilakukan sekarang, maka pesawat kepresidenan tidak bisa mendarat. ”Pesawat kepresidenan lebih besar, jadi runway harus memadai dulu,” ungkap Ariadi, ketika dihubungi, Senin (9/4).

Menurutnya, sembari menunggu perpanjangan runway, persyaratan lain sedang dalam proses. Seperti penyerahan aset daerah kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Aset pemerintah daerah yang diserahkan yakni bangunan sisi darat seperti terminal.

Sementara bangunan sisi udara sudah milik pemerintah pusat karena pembangunannya menggunakan dana pusat. “Yang diserahkan kepada pemerintah pusat itu bangunan sisi darat saja,” ujarnya.

Saat ini pemerintah daerah dengan pusat masih terus berkoordinasi mengenai penyerahan aset. “Mudah-mudahan semua­nya selesai dengan baik,” ujarnya.(sya)

Advertisement
loading...