Kamis, 18 April 2024

SMAN 19 Batam masih UNKP

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 102 siswa SMAN 19 Batam menggelar Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), Senin (9/4). Pelaksanaan UNKP berlangsung digedung baru mereka. Ujian yang berlangsung pada pukul 10.30 WIB itu menggunakan enam ruangan. Masing-masing ruangan diisi oleh 20 orang siswa.

“Ujian hari pertama bahasa indonesia, ujiannya sampai empat hari,” ujar Kepala Sekolah SMAN 19 Nelly Chandrawati kepada Batam Pos.

Nelly mengatakan pelaksanaan ujian nasional di sekolahnya masih berbasis kertas dan pensil. Sebab, sarana untuk pelaksanaan UNBK belum ada.

“Kami masih UNKP, soalnya belum ada laboraturioum dan perangkat komputer,” katanya.

Meski demikian, ia mengaku bersyukur, sebab ia tak lagi menumpang di sekolah lain untuk pelaksanaan ujian.

“Alhamdulillah tahun pertama kami ujian di sekolah sendiri. Tahun-tahun sebelumnya kami harus numpang di SMAN 5 Batam,” ucapnya.

Perempuan berjilbab ini berharap tahun depan sekolahnya bisa melaksanakan UNBK seperti sekolah lainnya.

“Insyaallah. Kami sudah usulkan ke Pemrov untuk pengadaan laboraturium dan komputer,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Dali mengaku masih banyak sekolah yang pelaksanaan ujian menggunakan kertas dan pensil. Kendati demikian, pelaksanaan UNBK mengalami peningkatan dari 36 persen naik 41 persen.

“Belum bisa semua karena terkendala jaringan dengan keterbatasan sarana dan prasarana,” ujar pria berkacamata ini.

Untuk itu, tahun ini pihaknya telah menganggarkan sedikitnya seribu unit komputer baru untuk sekolah. Nantinya komputer ini akan diberikan kepada sekolah yang siap UNBK tapi belum memiliki peralatan.

“Kami adakan tahun ini untuk digunakan tahun depan, sehingga capaian UNBK meningkat di Kepri,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Arifin Nasir juga mengaku demikian. Di seluruh Kepri terdapt 248 SMA sederajat, 130 sekolah sudah UNBK sementara 118 sekolah masih menjalankan ujian nasional pensil dan kertas. (une)

Update