Siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Batam saat akan mengerjakan mata pelajaran Nahasa Indonesia pada Ujian Nasional Berbasis Komputer, Senin (9/4). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 3 Batam berlangsung lancar dan tertib. Sebanyak 361 siswa mengikuti ujian yang dibagi dalam lima lokal dan dua sesi.

Iklan

“361 siswa rinciannya 231 dari kelas IPA, 112 dari IPS dan 18 dari kelas Bahasa,” kata Kepala SMAN 3 Batam, Vivi Effendi, Senin (9/4).

Hari pertama UNBK mengujikan pelajaran Bahasa Indonesia. UNBK ini akan berlangsung selama empat hari. Hari kedua (hari ini-red) mengujikan pelajaran Bahasa Inggris. Vivi mengatakan SMAN 3 tak asing lagi mengikuti UNBK. Sebab di sekolah tersebut UNBK kali ini merupakan tahun ketiga diadakan. Para siswa pun juga sudah tak canggung mengikuti UNBK.

“Di sini ulangan harian juga pakai komputer. USBN juga pakai,” ujar Vivi.

Selain itu persiapan dalam hal materi juga telah dilakukan. Sebelum UNBK, SMAN 3 telah melakukan try out sebanyak empat kali. Hal itu demi UNBK kali ini bisa dilalui siswa SMA 3 dengan mudah.

“Kendala tak ada, semua lancar. Listrik dan jaringan internet juga aman. Pihak terkait seperti PLN dan Telkom sangat mendukung,” katanya.

Salah seorang siswa SMA 3, Putra mengatakan dirinya bisa mengerjakan soal-soal di UNBK dengan baik. Ia mengatakan semua soal yang diujikan itu sebagian besar yang dipelajarinya di kelas. “Jadi gak terlalu susah-susah lagi,” tuturnya..(ska)